Katedral Orihuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Orihuela
Katedral Juru Selamat dan Santa Maria
Spanyol: Catedral de Orihuela
Katedral Orihuela
LokasiOrihuela
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Orihuela-Alicante

Katedral Orihuela yang bernama resmi Katedral Juru Selamat dan Santa Maria (Spanyol: Catedral de Orihuela) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak dari Orihuela, Komunitas Valencia selatan Spanyol.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dibangun di atas masjid yang sudah ada sebelumnya sebagai gereja paroki sederhana dan kemudian diubah menjadi gereja utama atas perintah Raja Alfonso X dari Kastilia pada tahun 1281. Pada tahun 1413, paus Benediktus XIII mengangkatnya ke peringkat perguruan tinggi, hingga menjadi katedral pada tahun 1510.

Portal "Anunciación".

Konstruksi dimulai pada akhir abad ke-13 dengan gaya Gotik Valencia, dengan denah salib Latin yang mencakup bagian tengah dan dua lorong, sebuah rawat jalan dan kapel di dalam penopanges. Penyeberangan, kapel besar akhir Gotik, dan ruang rawat jalan merupakan tambahan pada abad ke-15-awal abad ke-16, termasuk penghapusan dua pilar bagian tengah untuk mendapatkan kubah yang lebih tinggi di penyeberangan. , setelah desain oleh Pere Compte.

Interiornya menerima sedikit cahaya karena ukuran jendelanya yang kecil. Ada tiga pintu masuk: Puerta de las Cadenas (Portal Rantai, abad ke-14) bergaya Islam, Puerta de Loreto (pertengahan abad ke-15) bergaya Gotik, dan Gerbang Kabar Sukacita (di utara, dibangun pada tahun 1588 oleh Juan Inglés), dalam bentuk lengkungan kemenangan bergaya Renaissance. Elemen Renaisans lainnya termasuk kios dan panggangan paduan suara, serta biara (berasal dari tahun 1377, tetapi dibangun kembali hingga tahun 1560). Bagian tertua adalah menara lonceng, yang dibangun pada akhir abad ke-12 hingga pertengahan abad ke-14. Ini memiliki empat lantai yang ditutupi oleh groin vault.

Di dalam gereja terdapat museum Seni Suci, yang menampung karya-karya Diego Velázquez (Temptation of St. Thomas), Vicente López Portaña , José de Ribera, Juan de Juanes, Francisco Salzillo dan artis lainnya.

Organ besar ini berasal dari renovasi Barok, dan direalisasikan pada tahun 1733 oleh pengrajin Valencian.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sebastián, Santiago (1986). El Coro de la catedral de Orihuela. Valencia: Institució Alfons el Magnànim. ISBN 84-505-4788-1. 

Koordinat: 38°05′09″N 0°56′45″W / 38.08583°N 0.94583°W / 38.08583; -0.94583