Katedral Ordinariat Militer Roma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ordinariat Militer Roma
Katedral Santa Katarina di Magnanapoli
bahasa Italia: Cattedrale di Santa Caterina a Magnanapoli
Katedral Ordinariat Militer Roma
LokasiRoma
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanOrdinariat Militer Italia

Katedral Ordinariat Militer Roma atau sangat populer disebut dengan nama Santa Caterina a Magnanapoli adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Largo Magnanapoli di lereng Bukit Quirinal di Roma, ibukota Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Santa Katarina dari Siena.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekelompok biarawati tersier Dominikan, yang tinggal di sebuah rumah kecil di via Santa Chiara tempat Santa Katarina meninggal, sedang mencari tempat yang lebih besar. Dipimpin oleh Porzia Massimo yang mendiang suaminya adalah seorang Conti,[1] dari tahun 1574 mereka secara berturut-turut memperoleh sebagian properti milik keluarga Conti di Magnanapoli untuk mendirikan biara mereka di sana, dengan bantuan keuangan dari Paus Gregorius XIII .[1] Komunitas awalnya kecil berkembang dan dengan cepat berkembang dari 27 biarawati pada tahun 1574[1] menjadi 108 pada tahun 1626,[2]:231 banyak di antaranya berasal dari keluarga bangsawan penting.

Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1608, awalnya atas biaya Kardinal Scipione Borghese dengan desain oleh Carlo Maderno, namun terhenti pada tahun 1613. Sementara itu, biara memperoleh Torre delle Milizie pada tahun 1619.

Pada tahun 1628, bangunan gereja yang sekarang ini mulai dirancang oleh Giovanni Battista Soria. Pada tahun 1631 kansel dan dua kapel yang berdekatan selesai dibangun. Pembangunan kemudian dihentikan hingga bagian terakhir gereja terbentuk pada tahun 1636 dan diakhiri dengan fasad pada tahun 1641.[2]:237-238 Konsekrasi gereja dilakukan oleh kardinal Alessandro Cesarini berlangsung pada tahun 1640.[3]

Biara biarawati Dominikan lainnya, Santi Domenico e Sisto, hanya berjarak sepelemparan batu.

Ketika Via Nazionale dibangun pada abad ke-19, permukaan jalan diturunkan. Hal ini menaikkan pintu masuk gereja ke ketinggian yang cukup tinggi di atas jalan. Untuk memungkinkan akses, tangga ganda yang mengarah ke serambi dibangun. Di bawah tangga terdapat pintu masuk ke Crypt of the Fallen, dibangun pada tahun 1934 dan didedikasikan untuk para pendeta yang terbunuh dalam Perang Dunia Pertama. Ruang bawah tanah berisi salib perunggu karya Romano Romanelli.

Sebagian besar biara dibongkar pada tahun 1924. Ordinariat Militer Italia, yang kantor pusatnya berdekatan dengan gereja, mengambil alih gereja tersebut, dan sekarang dilayani oleh pastor keuskupan. Pemugaran dilakukan pada tahun 1992.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Raissa Teodori, Porzia Massimo, di : Dizionario Biografico degli Italiani - Volume 72 (2008).
  2. ^ a b Alberto Zucchi, Roma domenicana, note storiche, Florence 1938, hal. 226 ss.
  3. ^ Menurut prasasti di gereja di bawah organ.