Katedral Massa Marittima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Massa Marittima
Katedral-Basilika Santo Cerbonius Uskup
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Cerbone Vescovo
Katedral Massa Marittima
LokasiMassa Marittima
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Massa Marittima-Piombino

Katedral Massa Marittima (bahasa Italia: Duomo di Massa Marittima; Cattedrale di San Cerbone) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Massa Marittima , Toskana, Italia, didedikasikan untuk Santo Cerbonius. Dahulu merupakan takhta episkopal Keuskupan Massa Marittima, sekarang menjadi Keuskupan Massa Marittima-Piombino.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral ini berukuran 5.872 meter (19.265 ft) kali 18 meter (59 ft) dan dibangun di atas denah salib Latin.

Fasad mengungkapkan pengaruh berbeda yang mengilhami arsitek anonim: blind arcade di bagian bawah, dihiasi dengan bukaan melingkar dan lozenge, loggia ke di bagian tengah dan tympanum di atasnya berada dalam gaya Pisan Romanesque. ogival jendela berjendela yang besar dan ketiga puncak menara malah menunjukkan pengaruh Sienese.

Portal pusat diapit oleh dua tiang singa memiliki lima panel yang berasal dari awal abad ke-13 yang menggambarkan legenda Santo Cerbonius. Tiga kolom tengah timpani bertumpu pada tiga sosok: pria berjanggut, griffin, dan seekor kuda.

Menara Lonceng adalah bangunan asli abad ke-13 di bagian bawah sedangkan bagian atasnya merupakan tambahan abad ke-19. tambour poligonal, yang berdiri pada ketinggian 3.786 meter (12.421 ft), berasal dari abad ke-15.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Bagian dalamnya memiliki denah basilika dengan apse dan dua lorong, dipisahkan oleh kolom silinder dan salib pilaster yang diakhiri dengan ibu kota komposit kompleks. Di sebelah pintu masuk, di bawah triptych abad ke-14 dari Madonna Bertahta dengan Anak dan Orang Suci, terdapat sarkofagus Romawi dari abad ke-4. Di sebelah kanan counter-façade terdapat serangkaian panel dari batu lunak, yang berasal dari Abad Pertengahan Tinggi atau, menurut beberapa sumber, hingga abad ke-12-13. Di atas panel terdapat fresko dari Penyaliban, dari abad ke-14, dan legenda Saint Julian, dari abad ke-15.

Jendela mawar di tengah memiliki kaca patri langka dari Sekolah Siena. Di sebelah kiri adalah tempat pembaptisan yang monumental, dengan pemandian persegi panjang yang di atasnya terdapat sebuah kuil kecil. baptisan dimulai pada tahun 1267.

Lorong selatan menampung lukisan/patung Madonna in Glory karya Antonio Nasini (akhir abad ke-17) dan Nativity of the Virgin oleh Rutilio Manetti ( abad ke 16). Di kapel di sebelah kanan presbytery terdapat lukisan salib oleh Segna di Bonaventura (abad ke-14). Mimbar kayunya berasal dari abad ke-17. Juga karya Rutilio Manetti adalah lukisan/patung Dikandung Tanpa Noda dan Bapa Yang Kekal di kapel di sebelah kanan kapel utama.

Altar tinggi, dari marmer (1626), memiliki salib kayu polikrom karya Giovanni Pisano (awal abad ke-14). Di kaki altar terdapat dua malaikat kayu dari abad ke-15, karya Domenico di Niccolò dei Cori. Di belakangnya terdapat Tabut Santo Cerbonius, yang dibuat pada tahun 1342, dengan relief yang menggambarkan kisah-kisah santo.

Di dinding kanan terdapat lukisan dinding abad ke-15 Santo Cerbonius Ditemani Bebek, sedangkan lukisan dinding Maestà yang dikaitkan dengan Duccio di Buoninsegna (1316) dapat dapat dilihat di kapel di sebelah kiri kapel utama, bersama dengan Annunciation oleh Raffaello Vanni (abad ke-17).

Ruang bawah tanah menampung patung-patung kecil nabi dan orang suci karya pematung Siena abad ke-14 yang tidak dikenal, dan lukisan dinding abad ke-15, Penyaliban dengan Santo Cerbonius dan Santo Bonaventura dari Siena.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Salvi, Francesco, ed. (1999). "Massa Marittima". Luoghi d'italia. Le città e i dintorni. Florence: Franco Cantini Editore. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°02′59″N 10°53′16″E / 43.0497°N 10.8879°E / 43.0497; 10.8879