Lompat ke isi

Katedral Mantua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Mantua
Katedral Santo Petrus Rasul
bahasa Italia: Cattedrale di S. Pietro Apostolo
Katedral Mantua
LokasiMantua
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mantua

Katedral Mantua (bahasa Italia: Cattedrale di San Pietro apostolo; Duomo di Mantova) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Mantua, Lombardia, Italia bagian utara, didedikasikan untuk Santo Petrus. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Mantua.

Struktur awal mungkin ada di situs tersebut pada era Katolik Awal, yang diikuti oleh sebuah bangunan yang hancur akibat kebakaran pada tahun 894. Bangunan tersebut segera didirikan kembali dengan gaya Protoromanesque.[1] Gereja ini dibangun kembali mulai tahun 1132 oleh Uskup Manfredo, awalnya dengan gaya Romawi. Menara lonceng selesai dibangun sebelum tahun 1150.[2]

Gereja saat ini berdiri di atas gereja Romawi San Pietro, yang hanya beberapa struktur dinding dan menara loncengnya yang dilestarikan. Bangunan ini dibangun kembali pada tahun 1395-1401 dengan penambahan kapel samping dan Gotik bagian depan barat, yang masih dapat dilihat dalam sketsa karya Domenico Morone (disimpan di Palazzo Ducale dari Mantua).

Pertempuran antara Gonzaga dan Bonacolsi, Domenico Morone, 1494

Pada tahun 1395 Francesco I Gonzaga, untuk merayakan kelahiran putra sulungnya, memerintahkan pembangunan fasad baru dalam Gaya Gotik. Itu dilakukan oleh saudara Venesia Jacobello dan Pierpaolo dalle Masegne. Dari karya aslinya, hanya sisi kanan katedral yang bertahan. Fasadnya dilengkapi dengan prothyrum, jendela mawar, dan puncak. Organ katedral dibangun oleh Hans Tugi pada c. 1503.

Setelah kebakaran lain pada tahun 1545, Kardinal Ercole Gonzaga, yang saat itu menjabat sebagai Bupati Kadipaten Mantua, menugaskan Giulio Romano untuk merenovasi gereja. Romano membiarkan fasad dan dinding perimeter tetap utuh tetapi secara substansial mengubah interiornya, mengubahnya menjadi bentuk yang mirip dengan Basilika Santo Petrus versi Kristen awal di Roma. Ciri-ciri penting dari struktur Renaisans adalah puncaknya, dihiasi dengan jendela mawar di sisi selatan, yang berakhir di menara lonceng bergaya Romawi. Setelah kematian Giulio Romano pada tahun 1546, pekerjaan dilanjutkan di bawah Giovan Battista Bertani.

Selama masa pendudukan Prancis, katedral ini mengalami kerusakan parah akibat Napoleon. Altarpiece Temptations of St. Anthony the Abbot, karya Paolo Veronese termasuk di antara 10 kanvas di Katedral Mantua, yang dipesan dari seniman Veronese dan Mantuan oleh Kardinal Ercole Gonzaga pada pertengahan tahun 1500-an yang sekarang di Museum Caen, Normandia, dari masa pendudukan Napoleon.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Brunelli, Roberto. "Diocesi di Mantova", Storia religiosa della Lombardia, jilid. 8, (Adriano Caprioli, Antonio Rimoldi, Luciano Vaccaro, cura di), Brescia, La Scuola, 1986, hal. 21, ISBN 8835077656
  2. ^ Brunelli 1986, hal. 39