Katedral Maldonado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Maldonado
Katedral Santo Ferdinandus
Spanyol: Catedral de San Fernando de Maldonado
Katedral Maldonado
LokasiMaldonado
NegaraUruguay
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Maldonado–Punta del Este–Minas

Katedral Santo Ferdinandus di Maldonado (Spanyol: Catedral de San Fernando de Maldonado) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Maldonado, Uruguay. Sejak tahun 1966, katedral ini menggunakan nama Katedral sebagai tempat kedudukan Keuskupan Maldonado–Punta del Este–Minas,[1] didirikan oleh Paus Paulus VI pada tanggal 10 Januari 1966. Pastor pertamanya adalah Antonio Corso (1966-1985), dan pastor saat ini adalah Rodolfo Wirz[2] (1985-Sekarang).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama dibangun pada masa kolonial Spanyol. Pembangunan bangunan Neoklasik saat ini dimulai pada tahun 1801, namun Invasi Inggris tahun 1806,[3] menghentikan pengerjaan, penundaan yang menyebabkan penyelesaian katedral memakan waktu hampir satu abad. Akhirnya diresmikan pada tahun 1895 oleh Uskup Agung Montevideo, Mariano Soler. Katedral ini didedikasikan untuk santo Ferdinandus.[4]

Katedral ini terdiri dari nave utama dengan dua menara lonceng dan kubah pusat. Di ujung nave utama, terbentuk salib dari dua relung yang berisi pahatan di sisi Altar Tinggi. Altar Tinggi yang megah adalah karya Antonio Veiga, yang juga menerima dua penghargaan selama pameran kontinental yang diadakan di Buenos Aires pada tahun 1882.

Altar tersebut berisi gambar Perawan Karmen (Bunda Maria dari Gunung Karmel). Katedral ini milik kapal uap "Kota Santander", yang tenggelam di dekat Pulau Lobos pada tahun 1829. Marquess of Comillas, pemilik kapal uap yang rusak, menyelamatkannya dari kapal karam dan menyumbangkan citra yang sekarang dihormati. Gambar tersebut direproduksi sebagai "Kota Santander" oleh pelukis Uruguay Carlos María de Santiago.

Di sebelah kiri Altar terdapat gambar polikrom Kristus yang menderita. Benda itu ditemukan terbungkus sempurna di dalam laci yang terdampar di tepi pantai, tanpa diketahui asal dan tujuannya: tidak ada yang tahu siapa yang membuatnya, untuk siapa, atau dari mana asalnya.

Katedral dinyatakan sebagai Monumen Sejarah Nasional.

Selain layanan keagamaan, katedral kadang-kadang digunakan untuk konser atau pertunjukan paduan suara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historia de Punta del Este : desde el descubrimiento de América hasta el siglo XXI. hlm. 323. ISBN 9974805899. OCLC 225873130. 
  2. ^ "Uskup Rodolfo Pedro Wirz Kraemer [Hierarki Katolik]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 2019-02-21. 
  3. ^ Koebel, William Henry (1911). Uruguay. London: T. F. Unwin. hlm. 55. 
  4. ^ Información sobre la Catedral Diarsipkan 2014- 04-09 di Wayback Machine. - Niat Maldonado