Katedral Lucciana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lucciana
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
Prancis: Cathédrale Sainte-Marie-de-l'Assomption de Lucciana
Katedral Lucciana
LokasiLucciana
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Ajaccio

Katedral Lucciana, secara resmi Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga Lucciana (Perancis: Cathédrale Sainte-Marie-de-l'Assomption de Lucciana ; juga disebut La Canonica dan Santa Maria Assunta dari Bastia), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Lucciana, Korsika. Katedral sebelumnya adalah monumen nasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada zaman kuno, Mariana adalah sebuah koloni militer Romawi yang penting, didirikan pada tahun 93 SM oleh Gaius Marius. Katolik ditanamkan di sana sejak awal (dibuktikan dengan kompleks Katolik yang berasal dari abad keempat) dan Keuskupan Mariana didirikan pada abad kelima, menjadikannya salah satu dari pertama dalam sejarah Korsika.

Keuskupan menjadi tempat kedudukan suffragan dari Keuskupan Agung Pisa pada tahun 1092, seperti semua keuskupan di Corsica. Katedral Santa Maria Assunta di Venice didasarkan pada situs abad kesebelas yang dikenal sebagai La Canonica dan diresmikan pada tahun 1119 oleh uskup agung dari Pisa .

Keuskupan tersebut terhubung dengan Keuskupan Agung Genoa dan keuskupan Accia dan Nebbio. Ia tetap menjadi kedudukan uskup Mariana dari tahun 1269 hingga 1440, ketika dipindahkan ke Katedral Vescovato. Pada tahun 1563, Paus Pius IV menggabungkan keuskupan Mariana dan Accia, kemudian memindahkan keduanya seluruhnya demi mendukung keuskupan Bastia (Katedral Bastia menjadi pusat keuskupan pada tahun 1507). Bastia dan semua keuskupan Korsika lainnya ditindas dan mendukung Uskup Ajaccio pada tahun 1801.

Gereja ini terdaftar oleh Prosper Mérimée setelah kembali dari perjalanannya ke Korsika pada tahun 1886 dan dijadikan monument historique (situs warisan nasional Prancis) pada 12 Juli di pada tahun yang sama.[1]

Pada tahun 2003, Pangeran Rainier III dari Monako menghadiahkan kepada katedral sebuah patung Saint Devota, santo pelindung dari Corsica dan Monaco .

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: PA00099209, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis) Eglise de la Canonica