Katedral Torcello

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Torcello
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Torcello
LokasiTorcello
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanPatriarkat Venesia

Katedral Torcello (bahasa Italia: Basilica di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor yang terletak di pulau Torcello, Venesia, utara Italia. Ini adalah contoh penting dari arsitektur Paleokristen Akhir, salah satu bangunan keagamaan paling kuno di Veneto, dan berisi mosaik paling awal di wilayah Venesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut sebuah prasasti kuno, kota ini didirikan oleh eksark Isaac dari Ravenna pada tahun 639, ketika Torcello masih menjadi saingan pemukiman muda di dekatnya. di Venesia.

Gereja aslinya diyakini memiliki bagian tengah dengan satu lorong di setiap sisinya dan satu apse di dinding timur katedral. Sulit untuk mengatakan seperti apa gereja aslinya karena hanya sedikit gereja yang bertahan setelah renovasi. Sebagian besar denah gereja asli bertahan karena bentuknya yang sekarang sangat mirip dengan aslinya tetapi satu-satunya bagian fisik yang bertahan adalah dinding apse tengah dan bagian dari tempat pembaptisan yang bertahan sebagai bagian dari fasad gereja saat ini.

Renovasi besar pertama dari dua renovasi besar terjadi pada tahun 864 di bawah arahan Uskup Adeodatus II.[1] Dalam renovasi ini, dibangun dua apses lorong yang muncul saat ini. Synthronon yang mengisi apse pusat juga dibuat dan ruang bawah tanah ditempatkan di bawahnya. Setelah renovasi ini, katedral akan lebih menyerupai katedral saat ini daripada gereja aslinya, tetapi baru setelah renovasi besar kedua dan terakhir, katedral tersebut tampak sangat mirip dengan desainnya saat ini.

Renovasi terakhir ditahbiskan di bawah kepemimpinan Uskup Orso Orseolo, yang ayahnya Pietro Orseolo II adalah Doge Venesia pada saat itu, pada tahun 1008. Dengan renovasi ini, Orseolo meninggikan bagian tengah, menambahkan jendela ke dinding barat, dan menciptakan arcade yang membentang di sepanjang bagian tengah di kedua sisi yang memisahkannya dari lorong dan membantu mendukung clerestory.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Fasadnya didahului oleh narthex yang pernah menjadi tempat pembaptisan abad ke-7, hanya jejaknya yang tersisa. Di sisinya terdapat martir, yang didedikasikan untuk Santa Fosca. Menara lonceng ini berasal dari abad ke-11. Yang juga dianeksasi adalah Istana Uskup. Fasadnya memiliki 12 setengah kolom yang dihubungkan oleh lengkungan di bagian atas. Narthex (abad ke-11) diperbesar pada abad ke-13. Di tengah adalah portal marmer (1000).

Fitur eksterior yang paling mencolok adalah dekorasi fasad dan serambi depan, yang diperbesar pada abad ke-14.

Bagian dalamnya, dengan bagian tengah dan dua lorong, memiliki trotoar marmer, takhta para uskup Altino dan makam St. Heliodorus, uskup pertama Altino. Fasad baliknya memiliki mosaik Penghakiman Universal. Yang patut diperhatikan juga adalah mosaik yang menggambarkan Madonna dengan Anak (dari tipe Hodegetria) di apse tengah (abad ke-11).

Mosaik[sunting | sunting sumber]

Elemen artistik terpenting dari katedral ini adalah mosaik, mosaik paling awal yang tersisa di lingkungan Venesia. apse utama memiliki mosaik abad ke-11 yang menampilkan keindahan terkenal dari Perawan Hodegetria, yang terisolasi dari latar belakang emas yang sangat besar, di atas daftar orang suci yang berdiri . Gambar-gambar ini awalnya dibuat pada akhir abad ke-11, oleh tim ahli mosaik Bizantium, tetapi gambar utamanya dikerjakan ulang satu abad kemudian setelah gempa bumi, sementara gambar-gambar suci tersebut masih ada sejak periode pertama pengerjaannya.

Dinding barat (di atas pintu) dikerjakan dalam tahap kedua ini: dari atas terdapat Penyaliban di atap pelana, kemudian Harrowing of Hell yang kuat dengan patung Kristus yang besar, di atas ' 'Penghakiman Terakhir mengambil empat register yang lebih rendah.[2]

Tengkorak Saint Cecilia juga disimpan sebagai peninggalan di sini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antonio Niero: The Basilica of Torcello and Santa Fosca, ARDO, 1978, hal. 5.
  2. ^ Tanggal berdasarkan konsensus terbaru; berbagai tanggal diberikan oleh Dodwell, 184, 186; Beras Talbot, 216-17; Lembah, 746; Demus, 18, 188