Katedral Les Cayes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Les Cayes
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Prancis: Cathédrale Notre-Dame de l’Assomption
Katedral Les Cayes
LokasiLes Cayes
NegaraHaiti
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Les Cayes

Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga [1] (Prancis: Cathédrale Notre-Dame de l'Assomption) juga disebut Katedral Les Cayes[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di kota Les Cayes di Departemen Selatan (département du Sud ), barat daya Pulau Hispaniola dan barat negara Karibia di Haiti.[3]

Sejarahnya dimulai pada tahun 1722 ketika umat Katolik yang setia memutuskan untuk membangun sebuah gereja dan pastoran yang selesai pada tahun 1726.[4] Katedral mengikuti ritus Latin atau Romawi dan merupakan gereja induk dari Keuskupan Les Cayes (Dioecesis Caiesensis) yang didirikan pada tahun 1861 oleh Bulla "Christianae Religionis" dari Paus Pius IX.

Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Kardinal Chively Langlois.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga di Les Cayes
  2. ^ Delisle, Philippe (01-01-2003). Le catholicisme en Haïti au XIXe siècle: le rêve d'une "Bretagne noire", 1860-1915. KARTHALA Editions. ISBN 9782845863972. 
  3. ^ Moyse, Raymond A. (1968-01-01). Haïti: première république noire du Nouveau Monde, nak wajah vrai; la primera república negra del Nuevo Mundo, cara sebenarnya; republik Negro pertama di Dunia Baru, wajah aslinya. Haïti Visite. 
  4. ^ "Les Cayes - Notre Dame de l'Assomption". pl.mariedenazareth.com. Diakses tanggal 2017-02-01.