Katedral Lama Indianapolis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Indianapolis
St. John the Evangelist Catholic Church
Gereja Santo Yohanes Penginjil
Katedral Lama Indianapolis
LokasiIndianapolis
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Indianapolis

Gereja Katolik Santo Yohanes Penginjil (bahasa Inggris: St. John the Evangelist Catholic Church) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat. Asal usul paroki ini dimulai pada tahun 1837, ketika pertama kali dinamai paroki Salib Suci. Pada tahun 1850 berganti nama menjadi paroki Saint John the Evangelist, dan merupakan paroki Katolik tertua di kota dan di Marion County, Indiana. Dianggap sebagai ibu dari paroki Katolik di Indianapolis, paroki ini memainkan peran penting dalam perkembangan Gereja Katolik di kota tersebut. Gereja Santo Yohanes menjabat sebagai pro-katedral keuskupan dari tahun 1878 hingga 1906; pastorannya berfungsi sebagai kediaman dan kantor uskup dari tahun 1878 hingga 1892. Pada tahun 1900 gereja ini berfungsi sebagai tempat konsekrasi uskup pertama yang diadakan di Indianapolis.

Meskipun banyak yang menganggap Saint John's sebagai katedral keuskupan, namun tidak pernah secara resmi dinamai demikian. Katedral Saint Francis Xavier tetap menjadi katedral resmi dan Vincennes, Indiana, sebagai lihat kota untuk Keuskupan Vincennes, hingga 28 Maret, 1898, ketika tahta episkopal dipindahkan ke Indianapolis dan menjadi Keuskupan Indianapolis. Acara keuskupan terus diadakan di Saint John's sampai Saints Peter and Paul Cathedral dibangun pada tahun 1906. Pastoran Saint John terus menjadi tempat kantor keuskupan hingga tahun 1968, dan menjabat sebagai pengadilan metropolitan untuk keuskupan hingga tahun 1982. Gereja Santo Yohanes dan pastoran ditempatkan di Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1980.

Gereja Saint John saat ini, paroki ketiga dan kedua yang dibangun di atas properti Georgia Street, adalah bangunan utama dalam sekelompok bangunan paroki di sudut barat daya Georgia Street dan Capitol Avenue. Diedrich A. Bohlen, pimpinan dan pendiri firma arsitektur Indianapolis D. A. Bohlen dan Son, merancang pastoran (1863), gereja (1867–71), dan penambahan pastoran (1878). Putra Bohlen, Oscar, merancang puncak menara kembar dan mengawasi pembangunannya pada tahun 1893. Gereja bata merah ini memiliki gaya eklektik, termasuk unsur Kebangkitan Gotik Prancis dan arsitektur Kebangkitan Romawi Amerika . Tempat kudus ini memiliki kapasitas tempat duduk 3.000. Itu adalah gereja terbesar di Indiana ketika batu penjuru diletakkan pada tahun 1867; itu didedikasikan pada tanggal 2 Juli 1871.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]