Pastoran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bekas rumah pastor di Haworth, Inggris, yang pernah menjadi rumah keluarga Brontë dan sekarang menjadi Museum Brontë Parsonage

Pastoran adalah tempat tinggal, atau bekas tempat tinggal, dari satu atau lebih pastor atau klerus agama Katolik. Tempat tinggal jenis ini bisa mempunyai nama yang bermacam-macam, seperti manse, parsonage, rektorat atau vikarat.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Pastoran biasanya dimiliki dan dipelihara oleh gereja, sebagai keuntungan bagi pastornya. Praktik ini terjadi di banyak denominasi karena kecenderungan pendeta berpindah dari satu gereja ke gereja lain dalam jangka waktu yang relatif sering. Selain itu, di komunitas yang lebih kecil, perumahan yang layak tidak tersedia. Selain itu, tempat tinggal seperti itu dapat diberikan sebagai pengganti gaji, yang mungkin tidak dapat diberikan (terutama pada jemaat yang lebih kecil).[1]

Pastoran Katolik khususnya dapat ditinggali oleh beberapa pastor dari suatu paroki. Pastoran sering kali berfungsi sebagai kantor administrasi paroki setempat, sekaligus sebagai tempat tinggal. Mereka biasanya berlokasi di sebelah, atau setidaknya dekat dengan, gereja yang dilayani oleh penghuninya.

Sebagian karena konservasi gereja secara umum, banyak pastoran yang bertahan dan memiliki kepentingan atau kepentingan bersejarah. Di Inggris Raya, Pastoran Alfriston abad ke-14 adalah properti pertama yang diakuisisi oleh Perwalian Nasional. Pastoran itu dibeli dalam keadaan hampir hancur pada tahun 1896 seharga £10, pendeta telah pindah ke tempat lain jauh sebelumnya.[2]

Di beberapa negara di mana rumah pastoran sering kali berukuran besar, banyak di antaranya kini telah dijual oleh gereja dan digantikan dengan properti yang lebih sederhana.[3] Banyak pastoran telah diakuisisi oleh keluarga-keluarga untuk digunakan sebagai rumah pribadi. Lainnya telah diadaptasi sebagai kantor atau digunakan untuk berbagai fungsi sipil. Di banyak desa di Inggris, bekas pastoran disebut "Old Vicarage" atau "Old Rectory". Di Skotlandia, bekas pastoran mungkin dikenal sebagai "Manse Tua".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.clergyfinancial.com/the-parsonage-allowance/ Sumber Daya Keuangan Pendeta "The Parsonage Allowance" (2023).
  2. ^ "50 permata tersembunyi National Trust". Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 2022-01-12. Diakses tanggal 2010-07-07. 
  3. ^ https://www.thetablet.co.uk/blogs/1/349/spare-us-the-faux-outrage-over-bishops-houses Lamb, Christopher. "Jangan sampai kami marah besar terhadap rumah uskup" The International Catholic News Weekly (2014).