Katedral Lama Coimbra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lama Coimbra
Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
Portugis: Sé Velha de Coimbra
Katedral Lama Coimbra
LokasiCoimbra
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Coimbra

Katedral Lama Coimbra (Portugis: Sé Velha de Coimbra) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Coimbra, Portugal. Pembangunan Gereja Sé Velha ini dimulai beberapa waktu setelah Pertempuran Ourique (1139), ketika Pangeran Afonso Henriques mendeklarasikan dirinya sebagai Raja Portugal dan memilih Coimbra sebagai ibu kota.[1] Pangeran Coimbra pertama, Mozarab Sisnando Davides, dimakamkan di katedral.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Coimbra (kota Romawi Aeminium) telah menjadi pusat keuskupan sejak abad ke-5, setelah negara tetangga Conimbriga diserang dan sebagian dihancurkan oleh invasi Sueves pada tahun 468. Hampir tidak ada yang diketahui tentang katedral yang mendahului Sé Velha di Coimbra. Pada tahun 1139, setelah Pertempuran Ourique, Raja Afonso Henriques memutuskan untuk membiayai pembangunan katedral baru, mengingat bentuk katedral pendahulunya yang buruk. Dorongan pasti terhadap proyek ini diberikan oleh Uskup Miguel Salomão, yang membantu membiayai pekerjaan tersebut. Pada tahun 1185, Raja Sancho I, Raja Portugal kedua, dimahkotai di katedral baru, yang menunjukkan bahwa pekerjaan pembangunan sudah dalam tahap lanjut. Bangunan dasarnya selesai dibangun pada dekade pertama abad ke-13, meskipun biara baru dibangun pada tahun 1218, pada masa pemerintahan Raja Afonso II.

Proyek katedral Romanesque diberikan kepada Master Robert, seorang – mungkin – arsitek Perancis yang mengarahkan pembangunan Katedral Lisboa pada waktu itu dan mengunjungi Coimbra secara teratur. Pekerjaan tersebut diawasi oleh Master Bernard, mungkin juga orang Prancis, yang digantikan oleh Master Soeiro, seorang arsitek yang aktif di gereja-gereja lain di sekitar Keuskupan Porto.

Pada abad ke-16 terjadi banyak penambahan pada katedral. Kapel, dinding dan pilar bagian tengah ditutupi dengan ubin, Porta Especiosa yang monumental dibangun di sisi utara fasad, dan kapel selatan apse dibangun kembali dengan gaya Renaissance. Arsitektur dasar dan struktur bangunan bergaya Romawi tetap dibiarkan utuh. Pada tahun 1772, beberapa tahun setelah pengusiran Jesuit dari Portugal oleh Marquis of Pombal, kedudukan keuskupan dipindahkan dari katedral abad pertengahan yang lama ke gereja Mannerist Jesuit , setelah itu disebut Katedral Baru Coimbra (Sé Nova de Coimbra).

Pemandangan fasad Timur Katedral Lama Coimbra. Perhatikan menara lentera, kapel utama, dan kapel Utara bergaya Romawi. Kapel Selatan (sebagian terlihat di sebelah kiri) adalah zaman Renaisans.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]