Katedral Coimbra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Coimbra
Katedral Kolese Yesuit
Portugis: Igreja do Colégio de Jesus
Katedral Coimbra
LokasiCoimbra
NegaraPortugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertama1541
SelesaiAbad ke-17
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Coimbra

Katedral Baru Coimbra (Portugis: Sé Nova de Coimbra), atau Katedral Nama Suci Yesus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Coimbra, Portugal. Katedral ini terletak di dekat Universitas Coimbra yang bersejarah di bagian atas kota (Alta de Coimbra).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Katedral Baru" awalnya adalah gereja perguruan tinggi universitas Yesuit di Coimbra, yang didirikan di kota tersebut pada tahun 1543. Pada tahun 1759, Ordo Jesuit dilarang dari Portugal oleh Marquis of Pombal, Perdana Menteri Raja José I.

Pada tahun 1772, takhta keuskupan dipindahkan dari Katedral Romanesque yang lama (sekarang disebut Katedral Lama Coimbra) ke gereja Yesuit yang kosong, luas, dan lebih modern.

Arsitektur gereja berpengaruh di dunia kolonial Portugis. Fasad bekas gereja Jesuit di Salvador, di kolonial Brasil (sekarang Katedral Salvador), dibangun pada abad ke-17, tampaknya terinspirasi oleh gereja Yesuit di Coimbra.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Relung fasad Katedral Baru memuat patung empat orang kudus Jesuit. Dekorasi Baroque pada bagian atas fasad, selesai pada awal abad ke-18, kontras dengan bagian bawah, yang mengikuti gaya Mannerist yang kaku. Gereja ini memiliki dua menara lonceng yang terletak tepat di belakang fasad utama dan sebuah kubah di atas penyeberangan.

Bagian dalamnya, ditutupi dengan kubah barel, memiliki satu bagian tengah dengan beberapa kapel lateral dan transept dengan vault dan kubah. Kedua lengan transept dan kapel utama apse dihiasi dengan meja altar kayu emas yang besar dan megah yang dibangun antara abad ke-17 dan ke-18 yang merupakan contoh bagus dari apa yang disebut gaya altar Portugis "nasional" . Kapel lateral di bagian tengah memiliki altar dalam gaya Mannerist dan Baroque.

Tempat paduan suara abad ke-17 di kapel utama dibawa dari Katedral Lama, begitu pula kolam pembaptisan dari batu yang rumit, yang diukir oleh Pero dan Felipe Henriques pada akhir gaya Gotik-Manueline pada awal abad ke-16.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]