Katedral Lake Charles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lake Charles
Katedral Dikandung Tanpa Noda
Cathedral of the Immaculate Conception
Katedral Lake Charles
Lokasi935 Bilbo Street
Lake Charles, Louisiana
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webimmaculateconceptioncathedral.com
Sejarah
Didirikan1869 (paroki)
DedikasiDikandung Tanpa Noda
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekFavrot & Livaudais
GayaRomanesque Revival
Italianate
Selesai1913
Spesifikasi
Jumlah puncak menara1
Bahan bangunanbatu bata
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lake Charles
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Glen Provost
RektorRev. Rommel Tolentino

Katedral Lake Charles yang bernama resmi Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Lake Charles, Louisiana, Amerika Serikat. Ini adalah pusat dari Keuskupan Lake Charles. Paroki Dikandung Tanpa Noda didirikan pada tahun 1869, dan menjadi katedral pada tahun 1980. Gedung gereja, pastoran, dan garasi terdaftar bersama di Daftar Tempat Bersejarah Nasional.

Gereja katedral mengabadikan gambar Perawan Maria yang Terberkati dari Dikandung Tanpa Noda yang berusia satu abad, terbuat dari marmer Carrara. Gambar yang dihormati ini diberikan Penobatan Kanonik oleh Paus Benediktus XVI melalui dekrit Kepausan yang ditandatangani pada tahun 2012. Penobatan tersebut dipimpin oleh Uskup Agung Carlo Maria Viganò, Nuncio Apostolik untuk Persatuan Serikat, pada tanggal 22 Agustus 2013. Proyek renovasi gereja secara penuh selesai pada tahun 2019.[1][2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ National Register Staff (July 1994). "National Register of Historic Places Registration Form: Cathedral of the Immaculate Conception". National Park Service. Diakses tanggal April 19, 2018.  with nine photos from 1994.
  2. ^ "Cathedral of the Immaculate Conception" (PDF). State of Louisiana's Division of Historic Preservation. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal April 19, 2018. Diakses tanggal April 19, 2018.  (with three photos and two maps Diarsipkan 2018-04-19 di Wayback Machine.)