Katedral Lafayette, Indiana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lafayette
Katedral Santa Maria Dikandung Tanpa Noda
Cathedral of Saint Mary of the Immaculate Conception
Katedral Lafayette
Katedral Lafayette, Indiana di Amerika Serikat
Katedral Lafayette, Indiana
Lokasi1207 Columbia St.
Lafayette, Indiana
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.saintmarycathedral.org
Sejarah
Didirikan1843 (paroki)
DedikasiDikandung Tanpa Noda
Tanggal dedikasi15 Agustus 1866
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaGothic Revival
Peletakan batu pertama1861
Selesai1866
Spesifikasi
Jumlah puncak menara1
Tinggi puncak menara170 kaki (52 m)
Bahan bangunanBatu bata
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Lafayette di Indiana
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Timothy Doherty
RektorVery Rev. Anthony Rowland

Katedral Lafayette yang bernama resmi Katedral Santa Maria Yang Dikandung Tanpa Noda (Inggris: Cathedral of Saint Mary of the Immaculate Conception) adalah gereja katedral Katolik yang terletak di 1207 Columbia Street di Lafayette, Indiana, Amerika Serikat. Ini juga merupakan properti yang berkontribusi di Distrik Bersejarah Santa Maria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kongregasi ini dimulai pada tahun 1843 ketika sekelompok kecil keluarga Katolik Irlandia di daerah tersebut bertemu untuk Misa di ruang sewaan.[1] Pada tahun berikutnya, mereka mengumpulkan cukup uang untuk membangun sendiri bangunan. Batu bata Gereja Sts. Mary dan Martha berdiri di persimpangan Jalan Fifth dan Brown dan selesai dibangun pada tahun 1846. Pada tahun 1850, sebuah sekolah dibangun di tanah yang berdekatan yang berada di bawah administrasi Oblate Sisters of Providence pada tahun 1858.

Pada tahun 1860, umat paroki Lawrence Stockton menyumbangkan sebidang tanah di Columbia Street kepada Romo Edmund Kilroy untuk pembangunan gereja, pastoran, dan sekolah. Pekerjaan pendahuluan dimulai segera setelahnya, namun terhenti ketika Perang Saudara dimulai pada bulan April 1861.

Romo George Hamilton menggantikan Pastor Kilroy sebagai pastor dan mengawasi penyelesaian pembangunan. Gereja bergaya Gotik ini diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1866. Menara pusatnya menjulang setinggi 170 kaki (52 m).[2] Interiornya terbagi menjadi tiga nave menurut kolom. fresco dan jendela kaca patri dipasang pada tahun 1887. Bagian luar awalnya terbuat dari batu bata, tetapi pada tahun 1904 ditutup dengan beton menyerupai batu.[1] Pada tahun yang sama , tangga depan dan langkan juga telah selesai dibangun.

Pada tahun 1944, Keuskupan Lafayette-in-Indiana dibentuk dengan membagi Keuskupan Fort Wayne dan Gereja St. Katedral ini telah mengalami sejumlah perubahan termasuk dekorasi ulang interior dan penambahan aula sosial pada tahun 2001.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bronwyn Reid; Angela Bowen. "St . Distrik Bersejarah Mary". Layanan Taman Nasional. Diakses tanggal 2017-12-05. 
  2. ^ "Katedral St. Mary of the Immaculate Conception". Emporis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Desember 2017. Diakses tanggal 2017-12-05. 
  3. ^ "Tentang Kami: Sejarah Singkat". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2013.