Katedral La Guaira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral La Guaira
Katedral Santo Petrus Rasul
Spanyol: Catedral de San Pedro Apóstol de La Guaira
Katedral La Guaira
LokasiLa Guaira
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan La Guaira

Katedral Santo Rasul Petrus[1] (Spanyol: Catedral San Pedro Apóstol de La Guaira)[2] juga disebut Katedral Santo Petrus (Catedral de San Pedro) atau alternatifnya Katedral La Guaira[3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota La Guaira,[4] ibukota Negara Bagian Vargas di negara Venezuela di Amerika Selatan. Katedral ini merupakan monumen bersejarah nasional yang dinyatakan demikian pada tahun 1960 dengan Berita Resmi nomor 26.320. Pada tahun 1969 kawasan sekitar kolonial juga dilindungi.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan didedikasikan sesuai dengan namanya rasul Santo Petrus, yang oleh umat Katolik dianggap sebagai pemimpin gereja pertama. Sejak tahun 1970 menjadi pusat Keuskupan La Guaira (Dioecesis Guairiensis) berdasarkan keputusan Paus Paulus VI oleh bulla Cum summus Deus .

Detail pintu

Gereja pertama di Guaira dibangun pada tahun 1630, namun dihancurkan oleh bajak laut pada tahun 1743. Katedral kedua yang dibangun di dekat Lapangan Vargas menjadi reruntuhan setelah gempa bumi pada tahun 1812. Bangunan yang sekarang mulai dibangun pada tahun 1847 dan diselesaikan serta diberkati pada tanggal 8 Oktober 1857.

Pada tahun 2014 katedral menjalani proses restorasi yang didorong oleh otoritas regional Vargas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Rasul Santo Petrus di La Guaira
  2. ^ La Guaira histórica. Dirección de Cultura de la Gobernación del Distrito Federal. 1975-01-01. 
  3. ^ "Mewujudkan misa en honor a San Pedro y La Guaira | Globovisión". archivo.globovision.com. Diakses tanggal 2016-07-03. 
  4. ^ Hernández, Gabriel Trujillo. Amaneció de Lluvia. Editorial Visión Libros. ISBN 9788499834689.