Katedral Izmir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Izmir
Gereja Katedral Santo Yohanes di Izmir
Aziz Yuhanna Katedrali
Katedral Izmir
LokasiIzmir
NegaraTurki
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiYohanes Penginjil
Tanggal dedikasi1874
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung İzmir

Katedral Izmir atau yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes (dalam Turki: Aziz Yuhanna Katedrali) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Izmir, Turki yang menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung İzmir.[1] Katedral ini didedikasikan kepada Yohanes Penginjil, yang dalam Kitab Wahyu mengirimkan salam dan instruksi kepada Tujuh gereja di Asia, termasuk Smyrna (Izmir).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batu penjuru katedral diletakkan pada tahun 1862. Pada tahun 1863 Sultan Utsmaniyah, Abdülaziz, menyumbangkan 11.000 emas Lira Turki untuk pembangunan dan umat Kristiani dari Lyon di Perancis juga berkontribusi. Kaitannya dengan Lyon disebabkan oleh misionaris dari Smyrna yang memperkenalkan agama Kristen ke Lyons pada abad kedua.

Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1874, dan didedikasikan pada tanggal 25 Mei 1874, oleh Uskup Agung Vincent Spaccapietra, Delegasi Apostolik untuk Asia Kecil.[3] Sebelumnya, sebuah gereja yang sekarang menjadi gereja paroki Sancta Maria berfungsi sebagai pro-Katedral untuk keuskupan.

Pada tahun 1965, Uskup Agung Smyrna, Joseph Emmanuel Descuffi, memberikan izin kepada personel Militer NATO, baik Protestan maupun Katolik, dan tanggungan mereka yang ditempatkan di Izmir untuk menggunakan katedral untuk layanan keagamaan.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral izmir

Lukisan di atas altar tinggi katedral menggambarkan St. Yohanes, dengan elang sebagai simbol liturgi miliknya. Dia digambarkan dengan pena dan gulungan sedang menulis Injil miliknya. Lukisan itu ditandatangani oleh senimannya, A. Von Kramer.

Gambar lain di area cagar alam adalah (di sebelah kanan) St. Agustinus, St. Andreas, dan St. Athanasius; (di sebelah kiri St. Polikarpus, Uskup Smyrna abad ke-2 dan martir bagi Kristus) dan St. John Krisostomus. Salah satu panelnya kosong karena lukisan aslinya hancur terbakar pada awal abad ini.

Interior Katedral Izmir yang Lebih Luas

Lukisan tambahan di katedral adalah sebagai berikut: di sebelah kanan pintu masuk utama - St. Vinsensius de Paul memberikan Perjamuan Kudus kepada anak-anak. Lukisan kedua di sebelah kanan adalah Santo Petrus dan Santo Paulus.

Di sebelah kiri pintu masuk utama, lukisan pertama adalah lukisan tiga uskup awal daerah ini: Ignatius dari Antiokhia (Antakya); Polikarpus dari Smirna dan Irenaeus, imam Smirna, yang pergi ke Lyons di Prancis dan menjadi uskup di sana. Latar belakang untuk gambar para uskup ini adalah konsep sang seniman tentang seperti apa rupa Smirna kuno.[4] Gambar lainnya adalah Santa Anna, ibu dari Perawan Maria.

Di bagian dalam pintu masuk katedral terpasang sebuah lukisan yang menggambarkan tujuh uskup dari tujuh gereja di Apocalypse. Lukisan ini, awalnya dibuat untuk Kapel Sakramen di Pangkalan Udara Cigli, dibawa ke katedral pada bulan Mei 1970.

Sekitar 30 kaki dari lantai di kiri dan kanan katedral terdapat potret medali kecil tiga uskup dan tiga paus yang membantu pembangunan katedral: (di kanan) Anthony Mussabini, uskup di sini 1838–1861, Vincent Spaccapietra 1862–1878; dan Andrew Timoni 1879–1904. (di sebelah kiri) Potret kepausan adalah Gregory XVI 1831–1846; Pius IX 1846–1878; dan Leo XIII 1878–1903.

Makam peringatan Uskup Mussabini dan Spaccapietra masing-masing terletak di taman katedral di kiri dan kanan. Mereka diukir oleh seniman Carrara.

Saat jamaah memasuki halaman katedral dari Sehit Nevres Bulvari, mereka melihat inisial D.O.M. di atas pintu masuk utama pada fasad katedral. Itu adalah singkatan dari bahasa Latin Deo optimo maximo "Untuk menghormati Tuhan, yang terbaik, yang terhebat."

Di sebelah kiri pintu masuk utama terdapat plakat persembahan untuk bangunan tersebut. Jika diterjemahkan secara bebas dikatakan: <quote>Kuil ini, (dibangun) untuk menghormati St. Yohanes, Rasul dan penulis, (telah) meletakkan batu penjuru pada tanggal 26 November 1862. Terima kasih (diberikan) atas persembahan yang murah hati dari warga (lokal) dan kontribusi dari orang asing. Paus Pius IX, pada tahun ke-27 masa kepausannya yang panjang, memberikannya kehormatan yang tinggi (sebagai) sebuah Basilika Kecil, dan memperkayanya dengan indulgensi yang sama seperti yang diberikan pada Basilika St. Yohanes Lateran (di Roma). Dia (juga) menyumbangkan mezbah tinggi, dengan batu-batu berharga dan logam.

Vincent Spaccapietra, Imam Vinsensian, Uskup Agung Smyrna dan Victor Apostolik untuk Asia Kecil dan Kerajaan Yunani, mendedikasikannya pada tanggal 25 Juni 1874, perayaan 27 tahun (penahbisannya menjadi) imamat. (Hadir adalah) Lawrence Berceretti, Uskup Agung Nazos: Fidelis Abate, Uskup Santorino: John Marengo, Uskup Tinos.

Baptisterium, di sebelah kanan pintu masuk utama, baru dilengkapi pada tahun 1916; seperti yang diceritakan pada plakat pengabdian. Seorang penduduk lokal bernama John Moriconi adalah donornya. Seorang pendeta bernama Peter Longinotti adalah rektor katedral saat ini.

Kapel samping katedral didedikasikan untuk Santo Yosef (kapel sakramen saat ini) dan Bunda Dukacita.

Jauh di atas area tempat suci, dekat langit-langit bangunan, terdapat sebuah segitiga dengan mata di tengahnya. Segitiga adalah lambang Tritunggal Mahakudus, dan mata melambangkan "Hikmat Tuhan yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GCatholic.org
  2. ^ Sejarah Katedral St. John, JOHN J. FLATTERY, Ch, Major, USAF 1 Juli 1970
  3. ^ Monumennya terletak di sisi utara taman katedral.
  4. ^ Irenaeus adalah Uskup Lyons yang menulis bahwa Polikarpus dari Smirna menjadi martir di dekat Agora sekitar tahun 150 dan bahwa ia telah menerima instruksinya dalam agama Kristen dari para Rasul.