Katedral Gualdo Tadino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Gualdo Tadino
Katedral-Basilika Santo Benediktus
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di S. Benedetto
Katedral Gualdo Tadino
LokasiGualdo Tadino
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino

Katedral Gualdo Tadino (bahasa Italia: Duomo di Gualdo Tadino; Basilica Cattedrale di San Benedetto) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Gualdo Tadino di Umbria, Italia, didedikasikan untuk Santo Benediktus dari Nursia. Dulunya merupakan gereja biara Benediktin, menjadi katedral pada tahun 1915, dan sekarang menjadi kon-katedral di Keuskupan Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino.

Pada bulan Januari 1980 Paus Yohanes Paulus II memberinya kehormatan status basilika minor.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang juga dikenal sebagai "San Benedetto nuovo" ("St. Benediktus baru") untuk membedakannya dari bangunan lain, "San Benedetto vecchio" ("St. Benediktus lama"), sebuah biara yang dibangun oleh Benediktin s setelah tahun 1006 di luar tembok kota. Karena ketidakamanan lokasinya, para biksu memindahkan biara ke dalam tembok pada tahun 1256, sebagaimana tercatat dalam prasasti batu di dinding luar bangunan: A.D. MCCLVI TPE G ABBATIS H CENOBIU E TRASLATU IN GUALDO ("Pada tahun 1256 M pada masa Kepala Biara G. biara ini dipindahkan ke Gualdo").

Biara baru dan gereja di sebelahnya dibangun dengan campuran gaya Romawi dan Gotik, tetapi direnovasi lebih lanjut pada abad-abad berikutnya, khususnya pada abad ke-18 dan ke-19: interiornya direnovasi sepenuhnya pada abad ke-19 oleh arsitek Virgilio Vespignani. Sebagian besar dekorasi yang dilukis berasal dari tahun 1924 dan merupakan karya Ulisse Ribustini. Setelah kematian Virginio Vespignani, pekerjaan dilanjutkan oleh putranya Francesco dan oleh arsitek Costantino Sneider, asistennya, seperti yang tercatat di sebuah batu di dekat pintu masuk campanile.

Pada tahun 1915 dinyatakan sebagai katedral honoris causa oleh Paus Benediktus XV untuk mengenang keuskupan kuno Tadinum.[2] Sejak tahun 1986, katedral ini menjadi katedral bersama di Keuskupan Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino.[3]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian depan barat katedral dibagi menjadi dua oleh cornice: di bawah terdapat tiga portal (yang di tengahnya memiliki kolom spiral dan ibu kota) dan di atas, di antara dua oculi, sebuah bangunan bergaya Romawi jendela mawar, sebuah kejayaan artistik kota. Semua elemen inilah yang tersisa dari bangunan Romawi asli. Campanile tahun 1914 merupakan konstruksi baru, yang disebabkan oleh pembongkaran bangunan sebelumnya, yang berbahaya karena kerusakan akibat gempa bumi pada akhir abad ke-18. Di sisi selatan katedral terdapat air mancur Renaisans yang dikaitkan dengan Antonio da Sangallo the Elder.

Bagian dalamnya dibagi menjadi tiga lorong (dengan galeri di sisi lorong), kubah selangkanganing dan apse berbentuk setengah lingkaran, di bawahnya terdapat ruang bawah tanah abad ke-19. Catatan artistiknya adalah altar tinggi, yang dibangun kembali di lokasi tersebut pada tahun 1965 menggunakan elemen asli abad ke-14: yang bernilai khusus adalah relief karya Guglielmo Ciani dari Perugia yang menggambarkan episode-episode dari kehidupan Santo Benediktus dari Nursia. Salah satu kapel samping didedikasikan untuk salah satu santo pelindung kota, pertapa Blessed Angelo,[4] yang jenazahnya disimpan dalam guci perunggu dan perak.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]