Katedral Gizo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Gizo
Gereja Katedral Santo Petrus, Gizo
St. Peter's Cathedral
LokasiGizo
NegaraKepulauan Solomon
DenominasiGereja Katolik Roma
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Gizo

Katedral Santo Petrus [1] juga disebut Katedral Gizo adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Gizo, pemukiman terbesar kedua di Kepulauan Solomon sebuah negara di Oseania.

Katedral di Pulau Gizo dan Provinsi Barat diresmikan dan diberkati oleh Uskup EJ Crawford pada tanggal 18 Juni 1964,[2] mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan salah satu dari 3 katedral Katolik di negara itu dan merupakan gereja induk dari Keuskupan Gizo (Dioecesis Ghizotana) Sufragan dari Keuskupan Agung Honiara dan dimulai sebagai vikariat apostolik pada tahun 1959, yang diangkat ke statusnya saat ini pada tahun 1966 melalui bulla "Laeta increa" Paus Paulus VI.

Bangunan katedral mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami pada bulan April 2007,[3] kemudian direnovasi dan diperpanjang pada kesempatan tersebut peringatan 50 tahun berdirinya katedral.[4]

Katedral Gizo berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Luciano Capelli.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Peter di Gizo
  2. ^ Moore, Clive. "St. St. Peter's Catholic Cathedral, Gizo - Place - Solomon Islands Historical Encyclopaedia". www.solomonencyclopaedia.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-11. 
  3. ^ Wallace, Fr Martin. "Gempa dan Tsuami melanda Kepulauan Solomon - 3 April 2007". www.op.org.au. Diakses tanggal 2017-02-11. 
  4. ^ Malakana, Rellysdom A. "Updates St. Keuskupan Katedral Petrus Gizo". www.catholicgizo.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-11.