Katedral Foggia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Foggia
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta di Cielo
Katedral Foggia
LokasiFoggia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Foggia-Bovino

Katedral Foggia (bahasa Italia: Cattedrale di Foggia, Cattedrale della Santa Maria Assunta di Coelo atau della Santa Maria di Fovea; bahasa Latin: Santa Maria Icona Vetere), resminya bernama Gereja Maria Diangkat ke Surga atau Gereja Santa Maria dari Foggia (bahasa Italia: Chiesa della Beata Maria Vergine Assunta in Cielo atau Chiesa della Santa Maria di Foggia), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Foggia, Italia, didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Agung Foggia-Bovino.

Bangunan Romawi yang sekarang dibangun sebagai gereja kolegiat pada tahun 1170-an, tetapi rusak akibat gempa bumi tahun 1731 dan dipugar dengan gaya Barok.

Ketika Keuskupan Foggia dibentuk pada tahun 1855, gereja perguruan tinggi dinyatakan sebagai katedralnya. Keuskupan tersebut diangkat menjadi Keuskupan Agung pada tahun 1979 dan digabungkan dengan Keuskupan Bovino untuk membentuk Keuskupan Agung Foggia-Bovino pada tahun 1986.

Gereja ini berisi ikon kuno Perawan Maria, yang karenanya diberi nama alternatif "Santa Maria Icona Vetere". Ikon ini terkadang juga dikenal sebagai "Madonna dei sette veli", atau Madonna of the Seven Veils.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Pace, Valentino, 1994: Kunstdenkmäler in Süditalien – Apulien, Basilicata, Kalabrien. Wiss. Buchges.: Darmstadt ISBN 3-534-08443-8
  • Willemsen, Carl Arnold, 1973: Apulien – Kathedralen und Kastelle (2nd ed.) DuMont Schauberg: Köln ISBN 3-7701-0581-8