Katedral Ferentino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ferentino
Katedral Santo Yohanes dan Paulus; Santo Petrus
bahasa Italia: Concattedrale di Ss. Giovanni e Paolo (S. Pietro Ap.)
Katedral Ferentino
LokasiFerentino
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Frosinone-Veroli-Ferentino

Katedral Ferentino (bahasa Italia: Duomo di Ferentino; Basilica Cattedrale dei Santi Giovanni e Paolo) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Ferentino, Lazio, Italia, didedikasikan untuk Santo Yohanes dan Paulus, para martir abad ke-2 dari Roma.[1] Dulunya merupakan takhta uskup Keuskupan Ferentino, sejak tahun 1986 menjadi kon-katedral Keuskupan Frosinone-Veroli-Ferentino.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang berdiri di lokasi akropolis kuno kota. Didirikan oleh Paus Paskalis I pada awal abad ke-9 di atas sisa-sisa kuil Romawi. Ia diperbaharui secara meluas di bawah uskup Agostino dari Ferentino. Ketika pekerjaan selesai, pada tahun 1108, peninggalan Santo Ambrose Centurion dan Martyr, santo pelindung kota Ferentino, dipindahkan ke sini.[2] Katedral yang dipugar didedikasikan pada 13 Juni 1108.

Katedral ini masih memuat beberapa elemen gereja abad ke-9 dan mosaik abad ke-12 dari studio Cosmati. Ia juga memiliki ciborium dari abad ke-13, oleh Trudo de Trivio. Bagian dalamnya berisi kolom serpentine yang dikaitkan dengan Vassalletto dan kanvas yang menggambarkan Madonna del Parto, yang dikaitkan dengan Carlo Dolci. Ini digunakan kembali sebagai spolia kolom Romawi dari abad ke-4.

Katedral ini juga memiliki patung Santo Ambrose berkuda perak abad ke-16 karya pembuat perhiasan Fantino Taglietti dan dua patung perak abad ke-16 Santo Petrus dan Paulus yang dikaitkan dengan para pengikut Benvenuto Cellini.[3][4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ SantieBeati .it: Santi Giovanni e Paolo (dalam bahasa Italia)
  2. ^ Situs resmi Katedral Ferentino: Vita, Martirio e Culto di Sant'Ambrogio Centurione (dalam bahasa Italia)
  3. ^ "Situs web resmi Katedral Ferentino". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-20. 
  4. ^ Komune Ferentino, entri di gereja