Carlo Dolci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carlo Dolci
Carlo Dolci 002.jpg
Self-Portrait (1674)
Lahir(1616-05-25)25 Mei 1616
Firenze
Meninggal17 Januari 1686(1686-01-17) (umur 69)
Firenze
KebangsaanItalia
Dikenal atasLukisan
Gerakan politikBarok

Carlo (atau Carlino) Dolci (lahir di Firenze, Italia, 25 Mei 1616 – meninggal di Firenze, 17 Januari 1686 pada umur 69 tahun) adalah seorang pelukis Italia dari periode Barok, yang aktif terutama di Firenze, terkenal akan gambar-gambar yang diselesaikan dengan sempurna, sering diulang dalam banyak versi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Firenze, dengan darah pelukis turun dari kakek dari sisi ibunya. Meskipun ia cepat dewasa dan telah magang pada usia muda pada Jacopo Vignali, Dolci tidak begitu produktif. "Ia akan menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk satu lukisan", menurut penulis biografinya, Filippo Baldinucci.[1] Teknik dengan ketelitian tingginya menjadikan ia tidak cocok untuk lukisan dinding berskala besar. Ia melukis subjek-subjek religius ternama dan karya-karyanya umumnya berukuran kecil, meskipun ia membuat beberapa gambar yang seukuran aslinya. Ia sering mengulangi komposisi yang sama dalam beberapa versi dan putrinya, Agnese Dolci, juga membuat salinan-salinan yang sangat baik dari karya-karyanya.

Dolci terkenal akan kereligiusannya. Dikatakan bahwa setiap tahun selama Pekan Sengsara ia melukis setengah tubuh Sang Penyelamat dengan memakai Mahkota Duri. Pada tahun 1682, ketika ia melihat Giordano, yang berjulukan "fa presto" (pelukis cepat), melukis dalam lima jam jauh lebih cepat daripada yang dapat ia selesaikan dalam waktu berbulan-bulan, ia jatuh depresi.[2]

Putri Dolci, Agnese (meninggal sekitar tahun 1680), juga seorang pelukis.[3] Dolci meninggal di Firenze pada tahun 1686.

Karya[sunting | sunting sumber]

Santo Paul Sang Pertapa, sebelum tahun 1648, Museum Nasional di Warsawa.

Gaya lukisan yang agung, pewarnaan atau pencahayaan yang hebat, dan emosi yang dinamis dari Gaya Romawi-Bologna Barok asing bagi Dolci dan Firenze pada masa Barok. Ketika ia merasa cocok dengan tradisi panjang gaya lukis Firenze yang resmi dan prestisius, Dolci tampil secara mendasar buta terhadap estetika baru, terbelenggu oleh tradisi Florentine yang melihat setiap figur yang digambarkan dengan mikroskop akademisi. Wittkower menggambarkan ia sebagai imbangan Firenze terhadap Sassoferrato Romawi, dalam hal perbandingan kereligiusan.[4] Pilkington menyatakan sentuhan Dolci sebagai "Rapi dengan tak terkatakan... meskipun ia sering dicela karena jam kerja yang berlebihan untuk lukisan-lukisannya, and for giving his carnations more of the appearance of ivory than the look of flesh",[5] suatu kekurangan yang telah terlihat pada Agnolo Bronzino.

Di antara karya-karya terbaiknya adalah St. Sebastian; Empat Penyebar Injil di Firenze; Kristus membelah roti;[6] St. Cecilia pada Organ;[7] Sebuah Persembahan Magi di Galeri Nasional London; St. Katerina membaca[8] dan St. Andrew berdoa sebelum penyalibannya (1646) di Palazzo Pitti. Ia menyelesaikan potretnya Fra Ainolfo de' Bardi saat ia baru berusia enam belas tahun. Ia juga melukis altar besar (1656) untuk Gereja Santo Andrea Cennano di Montevarchi. Hal biasa bagi para pelukis Firenze, ada lukisan dalam lukisan, dan dalam lukisan Perawan Soriano memegang lukisan Santo Dominik yang menakjubkan dan ikonik.[9]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Getty Museum biography" (dalam bahasa Inggris). J. Paul Getty Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 03-01-2014. Diakses tanggal 10-12-2017. 
  2. ^ "Dolci, Carlo - Biography". Web Gallery of Art (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10-12-2017. 
  3. ^ Garollo, Gottardo (1907). Dizionario biografico universal. U. Hoepli. hlm. 692. 
  4. ^ Wittkower 1993, hlm. 345.
  5. ^ Pilkington, Matthew. A general dictionary of painters (dalam bahasa Inggris). 1. hlm. 268. 
  6. ^ Secara berurutan di Burleigh
  7. ^ Di Gemäldegalerie, Dresden.
  8. ^ Di Residenzgalerie, Salzburg.
  9. ^ McCorquodale, Charles (1979). "Some Unpublished Works by Carlo Dolci". The Burlington Magazine: 140, 142–147, 149–150. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Wittkower, Rudolf (1993). Art and Architecture Italy, 1600-1750. Penguin Books, Pelican History of Art. hlm.  345–46. 

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikRossetti, William Michael (1911). "Dolci, Carlo". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 8 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 386.