Katedral Cuenca de Castile-La Mancha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cuenca de Castile-La Mancha
Katedral Santa Maria dan Santo Julian
Spanyol: Catedral de Santa María y San Julián de Cuenca
Katedral Cuenca
LokasiCuenca
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cuenca

Katedral Cuenca yang bernama resmi Katedral Santa Maria dan Santo Julian (Katedral Santa Maria dan Santo Julian) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cuenca, terletak di Provinsi Cuenca di Castile-La Mancha wilayah tengah tenggara Spanyol. Bangunan ini adalah salah satu contoh arsitektur Gotik Spanyol paling awal, dibangun pada saat gaya Romanesque mendominasi di Semenanjung Iberia. Secara khusus, katedral ini merupakan ciri khas arsitektur Norman dan Anglo-Norman pada abad ke-12, di antaranya Katedral Soissons, Katedral Laon dan Notre-Dame de Paris adalah contoh yang representatif.

Pekerjaan dimulai pada tahun 1196 dan sebagian besar selesai pada tahun 1257, meskipun renovasi lebih lanjut terus dilakukan. Pada abad ke-15, katedral Gotik chevet direkonstruksi. Eksteriornya hampir direnovasi pada abad ke-16. Pada abad ke-17, kapel (capilla del Sagrario) dibangun, dan fasad serta menaranya direformasi. Fasadnya sebagian direkonstruksi dengan gaya neo-Gotik pada awal abad ke-20 untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan ketika menara lonceng (Giraldo) runtuh pada tahun 1902. Namun, ada rencana dan proyek yang harus dilakukan. menyelesaikan pekerjaan setelah konsensus teknis tercapai.

Katedral ini merupakan tempat kedudukan Keuskupan Cuenca. Katedral ini didedikasikan untuk Maria dan Santo Julian dari Cuenca, uskup kedua Keuskupan dan santo pelindung kota tersebut.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Panduan Audio - Catedral de Cuenca". www.catedralcuenca.es. Diakses tanggal 2018-08-08.