Katedral Cremona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cremona
Katedral Bunda Maria Diangkat Ke Surga
  • Cattedrale di Santa Maria Assunta
    Duomo di Cremona  (Italia)
Katedral Cremona
LokasiCremona, Lombardia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
TradisiGereja Latin
Situs webDuomo di Cremona
Sejarah
Tanggal konsekrasi1196
Arsitektur
StatusKatedral
Tipe arsitekturGereja
GayaGotik,
Romanesque
Barok,
Renaisans
Peletakan batu pertama1107
Selesai1196
Spesifikasi
Bahan bangunanbatu bata
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Cremona
Klerus
Uskup AgungAntonio Napolioni

Katedral Cremona (bahasa Italia: Duomo di Cremona, Cattedrale di Santa Maria Assunta), adalah sebuah gereja katedral Katolik di Cremona, Lombardia, Italia utara. Katedral Cremona menjadi takhta dan tempat kedudukan Uskup Cremona. Menara loncengnya bernama Torrazzo yang terkenal, simbol kota dan menara pra-modern tertinggi di Italia. Katedral Cremona didedikasikan untuk Pengangkatan Santa Perawan Maria,

Katedral Cremona juga bersebelahan dengan baptisteriumnya,yang menjadi monumen abad pertengahan penting lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya dibangun dengan gaya Romanesque, katedral telah dipugar dan diperluas beberapa kali, dengan Gotik, Renaisans dan Baroque elemen. Konstruksi dimulai pada 1107, tetapi pekerjaan rusak dan terhenti setelah gempa bumi pada 1117. Konstruksi dilanjutkan pada 1129, dan bangunan itu mungkin selesai pada 1160-1170. Altar utama, didedikasikan untuk santo pelindung kota Archelaus dan Himerius, ditahbiskan pada tahun 1196.

Fasad

Fasad saat ini mungkin dibangun pada abad ke-13 dan awal abad ke-14. Pada periode yang sama lengan transept juga ditambahkan: bagian utara pada tahun 1288 dan bagian selatan pada tahun 1348.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Fasad utama, bersama dengan tempat pembaptisan yang bersebelahan, adalah salah satu monumen terpenting seni Romawi di Eropa. Ini memiliki serambi dengan narthex di tengahnya, yang ditambahkan loggia Renaisans dengan tiga relung pada tahun 1491. Ini diungguli oleh jendela mawar besar, diapit oleh dua ordo loggette ("loggia kecil").

portal mungkin berasal dari awal abad ke-12. Di sisinya ada sosok Empat Nabi Besar, masing-masing membawa gulungan berisi teks ramalan mereka. Narthex dibuat oleh para empu dari Campione pada abad berikutnya: narthex ini menggabungkan frieze yang lebih tua yang menggambarkan Buruh Bulan Ini (akhir abad ke-12, terinspirasi oleh Pembaptisan Parma). Empat patung di loggia atas, menggambarkan Madonna dengan Anak dan dua uskup, berasal dari sekolah Tuscan (1310). Kolom narthex berdiri di atas dua singa dari marmer Verona. Yang kiri memegang naga, simbol Kejahatan, di cakarnya, sedangkan yang kanan memegang beruang, yang pada gilirannya menggigit leher burung.

Di fasad juga terdapat dua makam: yang lebih baru (pertengahan abad ke-14) oleh Bonino da Campione.

Fasad lengan utara transept (akhir abad ke-13) juga memiliki narthex; dan tiangnya juga memiliki dua singa di alasnya. Hal ini ditandai dengan urutan jendela mullioned dan jendela mawar. Fasad lengan selatan transept berasal dari tahun 1342, dan berada di bata bata, seperti ciri khas arsitektur Gotik Lombard. Strukturnya mirip dengan lengan utara, tetapi memiliki dekorasi yang sedikit lebih detail.

'Penyaliban' oleh Il Pordenone, di fasad konter

Ketiga apse semuanya diatapi oleh loggia dengan tiang-tiang kecil, masing-masing memiliki wajah manusia yang terbentang dari ibu kota. Apse tengah jauh lebih tinggi daripada yang mengapit.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral Cremona menjadi rumah bagi banyak karya seni yang indah dan penting.

Yang tertua adalah fresko dari "Kisah Abraham, Ishak, Yakub dan Yusuf" di kubah transept selatan dan utara (akhir abad ke-14 hingga awal abad ke-15). Juga dari Renaisans adalah lengkungan "Kisah Para Martir Marius dan Marta, Audifax dan Habakuk", para martir di Persia (paling dikenal sebagai "Lengkungan Para Martir Persia" ', 1482), dan relief Santo Himerius (1481-1484), keduanya karya Giovanni Antonio Amadeo. Yang juga terkenal adalah guci Orang Suci Marcellinus dan Peter, yang sebagian besar dipahat oleh Benedetto Briosco (1506-1513), di ruang bawah tanah.

Paduan suara kayu, dengan karya tatahan oleh Platina (1482-1490), dan salib altar besar kontemporer berwarna perak dan emas, oleh Ambrogio Pozzi dan Agostino Sacchi (1478), di lorong kanan transept utara, juga terkenal.

Kompleks figuratif katedral yang paling penting adalah dekorasi fresco di dinding samping nave (awal abad ke-16), yang menggambarkan "Kehidupan Maria dan Kristus". Pelukis yang berbeda berkolaborasi untuk pelaksanaannya: yang pertama adalah Boccaccio Boccaccino (dengan Annunciation to Joachim dan Jesus with the Doctors), yang, pada tahun 1506, telah melukis seorang Penebus dengan Cremona's Patron Saints di lemari besi apse. Dia digantikan oleh Giovan Francesco Bembo (Epiphany dan Presentation at the Temple) dan Altobello Melone (Flight to Egypt, Massacre of the Innocents' ' dan empat panel pertama dariPassion of Christ), yang keduanya mengadopsi gaya yang kurang klasik. Berikutnya adalah Girolamo Romanino, penulis dari adegan dari "Yesus di hadapan Pilatus" hingga "Ecce Homo", yang melukis beberapa mahakaryanya di sini.

Kisah terakhir dari Gairah dieksekusi oleh Il Pordenone, yang juga bertanggung jawab atas Penyaliban besar (1521), Deposisi (1521, counterfaçade) dan 'Schizzi Altarpiece (sebelum 1523, di altar pertama di lorong kanan), yang terakhir terinspirasi oleh gaya Giorgione. Kompleks ini diselesaikan oleh Bernardino Gatti dengan Kebangkitan (1529).

Lukisan dinding lainnya ditambahkan pada pertengahan abad ke-16 oleh pelukis Mannerist, termasuk Gatti sendiri, Bernardino Campi dan lain-lain. Pada abad ke-17 Il Genovesino menambahkan "Kehidupan St. Roch" di transept utara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°08′01″N 10°01′32″E / 45.1335°N 10.0255°E / 45.1335; 10.0255