Katedral Copiapó

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Copiapó
Katedral Bunda Rosario
Spanyol: Catedral Nuestra Señora del Rosario
Katedral Copiapó
LokasiCopiapó
NegaraChili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Copiapó

Katedral Bunda Rosario[1] (Spanyol: Catedral Nuestra Señora del Rosario) juga disebut Katedral Copiapó adalah sebuah gereja katedral Katolik[2] yang terletak di Copiapó, Chili.[3] Katedral ini merupakan gereja terbesar di kota, dan terletak di sisi barat Plaza Prat, di persimpangan jalan Chacabuco dan O'Higgins. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Copiapó.

Sebelum katedral sekarang, di tempat yang sama terdapat sebuah paroki kecil yang dibangun antara tahun 1748 dan 1750, yang pada tahun 1766 dibuka. Kuil ini hancur total akibat gempa bumi Copiapo tahun 1796 tanggal 30 Maret, itulah sebabnya selama 55 tahun Kapel Yesuit mengambil alih fungsi gerejawi.

Pada tahun 1840 dimulailah pembangunan paroki baru. Pada tahun 1849, ketika hanya perlu memasang penutup, arsitek Perancis Juan Herbage menyarankan untuk tidak menggunakan rig adobe dan diputuskan untuk menghancurkan bangunan tersebut. Pembangun Inggris William Rogers dan 16 tukang kayu memulai pembangunan gedung baru menggunakan pinus Oregon dan ek Maule. Dibuka untuk umum pada tahun 1851.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Rosario
  2. ^ "Katedral de Copiapó - CMN. Katalog. Consejo de Monumentos Nacionales. Gobierno de Chile". www.monumentos.cl. Diakses tanggal 2016-12-03. 
  3. ^ Chili: pemandu wisata. Empresa de los Ferrocarriles del Estado. 1965-01-01.