Katedral Comayagua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Comayagua
Katedral Dikandung Tanpa Noda
Catedral de Comayagua
Spanyol: Catedral de la inmaculada concepción
Katedral Comayagua
LokasiComayagua
NegaraHonduras
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Dibangun• 1563, tahap pertama
• 1611-1634, tahap kedua
• 1705-1711, tahap terakhir
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Comayagua

Katedral Dikandung Tanpa Noda[1] (Spanyol: Catedral de la Inmaculada Concepción) juga disebut Katedral Comayagua[2][3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alun-Alun Pusat kota Comayagua di Honduras,[4] yang menjadi salah satu katedral tertua di Amerika Tengah, telah melalui pembangunan tahapan yang dimulai dari abad ke-16 hingga selesai diresmikan pada tanggal 8 Desember 1711, dan diberkati pada tahun 1715, serta banyak modifikasi sejak abad ke-18.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memiliki sejarah lebih dari 400 tahun, namun tidak cukup dokumen sejarah seperti rencana atau gambar yang menjelaskan tentang proses konstruksi bangunan sepanjang waktu. Karena masalah besar ini, evolusi sejarah Katedral Comayagua sejauh ini menjadi masalah yang sulit untuk dipahami.

Dengan cara yang sama, berbagai penyelidikan dan berkat Arkeologi Sejarah di dalam gedung, sejarahnya dan berbagai perubahan serta rekonstruksi yang telah dilakukan selama berabad-abad dapat lebih dipahami.

Era Kolonial[sunting | sunting sumber]

Pada abad ketujuh belas kota ini tidak memiliki gereja besar, karena satu-satunya katedral di kota itu adalah Iglesia de la Merced, sehingga pada tahun 1563 izin diminta untuk membangun gereja yang lebih besar agar dapat berfungsi. sebagai katedral lain di kota Comayagua. Maka katedral dimulai.

Menurut catatan sejarah sejarawan Mario Felipe Martínez, Katedral pertama inirusak sekitar tahun 1610 karena cuaca buruk, mungkin karena badai hujan yang menyebabkan strukturnya runtuh, sehingga pihak berwenang memberikan lampu hijau untuk rekonstruksi dari tahun 1611. pengawasnya adalah Uskup Spanyol Alonso Vargas y Abarca, dilanjutkan oleh Uskup Fray Juan Pérez Carpintero dan diakhiri oleh Uskup Fray Antonio López de Guadalupe. Karyanya banyak didatangkan dari Spanyol, lebih khusus lagi dari kota Jaén. Menurut data Institut Antropologi dan Sejarah Honduras (IHAH), sekitar 18 masyarakat adat mengerjakan pembangunan monumen Katolik tersebut.

Akhirnya, pada abad ke-18, tahap pembangunan terakhir Katedral dimulai. Pada tahun 1703, uskup berbicara dalam suratnya yang dikirimkan kepada Raja Felipe V bahwa tahap kedua sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan pada strukturnya dan dikatakan perlu renovasi setelah melihat kondisi buruk dari bangunan tersebut. tembok, maka pada tahun 1705 fase ketiga dimulai. Pada tahap ini, fasad dimodifikasi, memberikan bentuk seperti sekarang dan bentuk akhir yang kita kenal sekarang telah selesai. Katedral ini diberkati pada tahun 1715.

Era Republik[sunting | sunting sumber]

Catedral de Comayagua pada tahun 1881 oleh Mary Lester

Untuk abad kedelapan belas ini adalah sebuah gereja, itu adalah bangunan terbesar di provinsi Honduras dan untuk abad kesembilan belas itu adalah sebuah gereja adalah tempat pernikahan Jenderal Francisco Morazán pada tanggal 30 Desember 1825. Pada tanggal 4 April 1827, Comayagua dibakar dan dijarah selama perang saudara Amerika Tengah. sebagian besar oleh José Nicolás Irías Midence, dengan dukungan dari presiden republik, Jenderal Manuel José Arce karena mereka berasal dari pihak konservatif republik federal Amerika Tengah. Akibatnya katedral dirusak dan dijarah oleh tentara Midence.

Pada pertengahan abad ke-19, Monsinyur Juan Felipe Zepeda mengambil jabatan uskup, yang dalam posisinya menetapkan 100.000 peso sebulan dari persepuluhan Katedral Suci, untuk para musisi dan ketika imam tersebut menerima warisan dari ayahnya yang tinggal di Olancho Dia menginvestasikannya untuk memperbaiki katedral, sebagian lagi diberikan kepada orang miskin dan sisanya dia menandatangani kontrak dengan Clamer House di London untuk pembangunan organ yang akan disumbangkan ke katedral.

Selama berabad-abad, kuburan dibuat di dalam gereja, menurut peneliti dan sejarawan lokal Tirso Zapata, di antara almarhum yang berada di dalam katedral adalah uskup Don Juan Merlo de la Fuente dan Fray Gaspar de Andrade yang pada tahun enam puluhan, tubuh mereka yang tidak dapat rusak, diekspos ke masyarakat umum dalam guci kaca, tetapi pada tahun 1963 mendiang Monsinyur Bernandino Mozzarella memerintahkan untuk menyembunyikannya agar tidak pernah dipamerkan.

Strukturnya terbuat dari dinding bata dan batako serta atap genteng dengan keahlian. Ia juga memiliki 10 jendela yang menerangi bagian dalamnya dan memiliki lima badan yang dibagi oleh sepuluh pilaster berbentuk salib yang membentuk lengkungan. Katedral ini didedikasikan untuk Santa María, ibu Yesus dan dibangun di Central Plaza kota. Pada awal abad ini, bangunan ini dipugar sepenuhnya sebagai bagian dari proyek rehabilitasi pusat bersejarah kota, sebuah pekerjaan yang diarahkan oleh IHAH, dengan kolaborasi Kerjasama Spanyol Agen. Saat ini katedral terus menjadi titik pertemuan bagi masyarakat Comayagüenses dan salah satu situs bersejarah paling berharga, bersama dengan gereja kolonial lainnya, gereja di La Merced, San Francisco, San Sebastián, dan La Caridad.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Di dalam[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memiliki empat altar berlapis emas dengan karya seni yang dibuat di Jaén Spanyol, gambar perawan Maria Dikandung Tanpa Noda dan salib adalah dibuat oleh Francisco de Ocampo.

Terdiri dari denah salib Latin dengan tiga bagian tengah dengan kubah tong, dengan lima bagian, pastoran ditutupi dengan tiga kubah setengah bola. Ini memiliki lampiran di mana kapel Sakramen Yang Terberkati berada. Di altar utama Anda dapat melihat altar kayu berlapis emas, dengan ukiran gambar Dikandung Tanpa Noda dan salib yang dibuat pada tahun 1620 oleh seniman Spanyol Francisco de Ocampo dan disumbangkan ke kota oleh Raja Felipe II dari Spanyol.

Altar yang didedikasikan untuk Kehidupan Kristus.

Konon awalnya katedral ini memiliki 16 altarpiece atau altar, namun saat ini hanya memiliki 4 altar terbesar yang dihias dengan penyelesaian kayu berukir halus dan dilapisi lembaran emas, sebagian lagi dengan lukisan indah dan sebagian lagi dihiasi gambar indah. Delapan gambar yang dibagikan di gereja tersebut merupakan sumbangan dari Felipe VI dari Spanyol, serta gambar yang disalib yang disumbangkan pada tahun 1620 dan dibuat oleh pematung Jaén Fracisco de Ocampo.

Pekerjaan restorasi katedral dapat melihat sisa-sisa Katedral Paduan Suara. Dengan menghapus lantai saat ini dan turun ke bawah untuk meratakannya, mereka dapat melihat tantangan dari fondasi Paduan Suara asli yang dibangun pada abad ke-18 dan dibongkar pada tahun 30-an abad ke-20. Fitur ini digali untuk menentukan batas-batasnya serta bentuknya; menemukan bahwa pintu masuk paduan suara berada di depan altar tinggi dan tangganya memiliki bentuk tiga lobus yang mirip dengan tangga Presbiteri.

Mimbar Katedral Comayagua dibangun pada tanggal yang sama dengan altarpieces, dengan gaya Solomonik Baroque. Lampu-lampu terkini yang digantung di langit-langit katedral merupakan replika lampu asli terbuat dari perak yang dipindahkan dan dapat dilihat dipajang di museum kolonial Comayagua. Gereja ini juga memiliki organ, yang tiba di kota itu pada tanggal 7 Desember 1887, dan ditayangkan perdana di Katedral Comayagua. Organ tersebut tidak lagi sering digunakan, kecuali pada Pekan Suci, Natal, atau pernikahan.

Di luar

Pemandangan lain dari taman pusat setelah restorasi.

Di luar, fasadnya mempunyai gaya Renaissans dan barok. Bentuknya berupa altarpiece dengan tiga jalan, yang di tengah lebih lebar di mana pintu masuk berbentuk setengah lingkaran berada. Jalan-jalan tersebut dibagi secara vertikal dengan kolom-kolom yang terpasang dan secara horizontal dengan cornice yang membentuk empat lantai. Di dalam beberapa relung fasad ini terdapat gambar empat Pujangga Gereja di pinggir jalan dan di tengah, di lantai tiga terdapat patung Perawan Maria dan di sisinya Santo Yohanes Pembaptis dan Santo Yosef.Taman di sisi kiri mengalami beberapa kali modifikasi selama dan setelah pembangunannya, awalnya ini adalah bangunan pekuburan yang diperuntukkan bagi makam pejabat agama seperti uskup.

Namun, tempat ini ditutup pada abad kesembilan belas untuk dijadikan jalan bagi pembuatan taman. Hal ini disebabkan pada bulan Maret 1843 dikeluarkan undang-undang yang melarang pemberian tanah di teras gereja. Terakhir di lantai empat adalah patung pemberkatan Kristus. Menara lonceng empat lantai menonjol di sisi kiri fasad utama ini, yang terakhir adalah tempat penempatan delapan lonceng yang dimilikinya, kemudian dalam konstruksinya pada fasad, menara lonceng ini diselesaikan dengan keramik berwarna mengkilap. kubah.

Jam[sunting | sunting sumber]

Jam ini dianggap sebagai yang tertua di Amerika dan tertua kedua di dunia.

Di menara katedral juga terdapat jam tertua di benua Amerika, dibangun oleh Arab pada masa pendudukan di Spanyol pada Abad Pertengahan sekitar tahun 1100. Sebelum dipindahkan ke Amerika, ia bekerja di Alhambra, istana Arab di kota Granada, ibu kota kerajaan Muslim terakhir di semenanjung Iberia.

Atas perintah Raja Felipe III dari Spanyol, jam ini dipindahkan ke wilayah Hibueras di Spanyol Baru di mana jam tersebut akan berfungsi sebagai jam kota. Mekanisme jam didasarkan pada roda gigi, tali, beban dan pendulum, keseluruhan rangkaian menunjukkan waktu pada pelat jam yang terletak di fasad gereja dimana angka 4 dalam angka Romawi ditampilkan sebagai IIII dan bukan sebagai IV. Sebelum dipasang di katedral, ia sempat berfungsi di gereja La Merced, yang berfungsi sebagai katedral kota sebelumnya hingga selesainya Dikandung Tanpa Noda pada tahun 1715.

Mekanisme jam dilindungi dalam kotak kristal

Selama tahun 2007, jam tersebut mengalami proses restorasi oleh Kantor Walikota, Kongres Nasional, Komite Kebudayaan Comayagüense dan pengawasan Institut Antropologi dan Sejarah Honduras , di mana master pembuat jam tangan Rodolfo Antonio Cerón Martínez dari Guatemala berada , yang setelah lima bulan bekerja keras menyelesaikan pekerjaannya pada tanggal 20 Desember 2007.

Ada konflik antara apakah ini yang tertua di planet ini atau tidak, pesaingnya adalah jam tangan yang ditemukan di Inggris dan diduga sebagai yang tertua, namun dibuat berdasarkan besi tuang dan jam tangan Comayagua di dasar besi tempa, dari kedua teknik tersebut besi tempa lebih tua dari yang digunakan pada jam Inggris sehingga Comayagua adalah yang tertua.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Dikandung Tanpa Noda di Comayagua
  2. ^ El arte hispanoamericano. ISBN 9789802440177. 
  3. ^ Oyuela, Leticia de (1997-01-01). Dos siglos de amor: 26 sejarah cinta yang didokumentasikan dari masyarakat hondureña de los siglos XVIII y XIX. Editorial Guaymuras. 
  4. ^ Hernández, Bernabé Fernández. El gobierno del Intendente Anguiano en Honduras, 1796-1812. Universidad de Sevilla. ISBN 9788447203680. 
  5. ^ Guarás, Blanca (2003-12-30). "Petrología de morteros en Arqueología. Katedral Santa María de Vitoria-Gasteiz". Arqueología de la Arquitectura (2): 147. doi:10.3989/arq.arqt.2003.40alt=Dapat diakses gratis. ISSN 1989-5313. 

Koordinat: 14°28′00″N 87°39′00″W / 14.4667°N 87.6500°W / 14.4667; -87.6500