Katedral Colle di Val d'Elsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Colle di Val d'Elsa
Katedral Santo Martialus dan Santo Albertus
bahasa Italia: Concattedrale di Ss. Marziale e Alberto
Katedral Colle di Val d'Elsa
LokasiColle di Val d'Elsa
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Siena-Colle di Val d'Elsa-Montalcino

Katedral Colle di Val d'Elsa (bahasa Italia: Duomo di Colle di Val d'Elsa; Concattedrale dei Santi Alberto e Marziale) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Colle di Val d'Elsa, Tuscany, Italia. Dahulu merupakan pieve dari Juruselamat Suci (San Salvatore), sekarang didedikasikan untuk Saints Albert dan Martial. Dulunya merupakan takhta uskup Keuskupan Colle di Val d'Elsa sejak didirikan pada tahun 1592, sekarang menjadi kon-katedral dari Keuskupan Agung Siena-Colle di Val d'Elsa- Montalcino.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konstruksi dimulai pada tahun 1603 di lokasi gereja paroki tua San Salvatore, diperluas pada abad ke-11 oleh Pisan pekerja.

Usimbardo Usimbardi, uskup pertama dari Keuskupan Colle di Val d'Elsa yang baru dibentuk pada tahun 1592, mempercayakan desain katedral baru kepada arsitek Fausto Rughesi.

Bangunan ini memiliki denah Salib Yunani dengan bagian tengah dan dua lorong, dibagi menjadi empat teluk dengan tiang persegi panjang. transept ditutup oleh dua kapel samping yang besar.

Presbiteri didominasi oleh kubah. Bagian tengah dan lengan transept beratap barrel vault, dan lorong-lorong dengan cross vault. Delapan kapel samping memiliki kubah tong.

Fasad Neo-Klasik yang sederhana dibuat oleh Agostino Fantastici (1782-1845). Sebagian besar terbuat dari batu bata, disela oleh dua area yang ditinggikan dari batu pasir yang berisi portal samping, di bawah cornice travertine, yang membentang di sepanjang bagian depan pada tingkat dasar lantai dua. tympanum memiliki bingkai segitiga yang menjorok ke dalam.

Uskup kedua, Cosimo Gherardesca, memberikan gedung baru tersebut perabotan yang diperlukan untuk melengkapinya untuk ibadah. Gerai paduan suara tersebut masih asli, dibuat pada tahun 1628 oleh Silvestro Ceramelli.

Sebuah tabernakel karya Mino da Fiesole menampung salah satu paku yang diduga digunakan untuk Penyaliban.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Il Chianti e la Valdelsa senese, Milan, Mondadori, 1999, pp. 62 – 67. ISBN 88-04-46794-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]