Katedral Cebu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cebu
Gereja Katedral Metropolitan Paroki Santo Vitalis dan Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda di Cebu
Spanyol: Catedral Metropolitana y Parroquia de San Vital y la Inmaculada Concepción
  • Katedral ug Parokya ni San Vidal ug Inmaculada Concepcion
  • Filipina: Kalakhang Katedral at Parokya ni San Vidal at ng Kalinislinisang Paglilihi
Katedral Cebu
10°17′45″N 123°54′10″E / 10.295814°N 123.902869°E / 10.295814; 123.902869Koordinat: 10°17′45″N 123°54′10″E / 10.295814°N 123.902869°E / 10.295814; 123.902869
LokasiKota Cebu
NegaraFilipina
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Nama sebelumnyaKatedral Metropolitan dan Paroki Santo Vitalis dan Para Malaikat Penjaga
Didirikan1598 (1598)
DedikasiVitalis dari Milan
Dikandung Tanpa Noda
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
GayaSpanyol
Spesifikasi
Jumlah puncak menara1
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Cebu
DistrikDistrict 1 (Metro Cebu North)
DivisiVikariat Rosario Maha Kudus
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Jose S. Palma
RektorCamilo Alia

Katedral Metropolitan Cebu, yang secara resmi dikenal sebagai Katedral Metropolitan dan Paroki Santo Vitalis dan Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Cebu, Filipina. Katedral ini didedikasikan untuk Maria, di bawah gelarnya, Bunda Maria Yang Dikandung Tanpa Noda dan Santo Vitalis dari Milan dan menjadi pusat kedudukan dan taktha bagi Keuskupan Agung Cebu.[1] Cebu didirikan sebagai keuskupan pada tanggal 14 Agustus 1595. Keuskupan tersebut diangkat menjadi keuskupan agung metropolitan pada tanggal 28 April 1934, dengan keuskupan Dumaguete, Maasin, Tagbilaran, dan Talibon sebagai suffragan. Sebelum diangkat sebagai gereja primat di Cebu, gereja ini merupakan salah satu gereja pertama di Filipina (selain Basilica del Santo Niño) yang didedikasikan untuk St. Vitalis dan dibangun di dekat benteng pada bulan April 1565 oleh Miguel Lopez de Legazpi, Fray Andrés de Urdaneta dan Fray Diego de Herrera.[2]

Pembangunan katedral ini memakan waktu bertahun-tahun karena seringnya gangguan, kekurangan dana, dan kejadian tak terduga lainnya.[3] Pada suatu waktu, dana yang dimaksudkan untuk pembangunan katedral dialihkan untuk perang Moro. Meninggalnya uskup petahana yang mempelopori pembangunan/rekonstruksi dan kekosongan jabatan juga menjadi faktor penyebabnya.

Arsitektur gerejanya khas gereja kolonial Spanyol di tanah air, yaitu jongkok dan berdinding tebal untuk menahan topan dan bencana alam lainnya. Fasadnya menampilkan pedimen berbentuk trefoil, yang dihiasi dengan ukiran relief dari bunga motif, sebuah prasasti IHS dan sepasang griffin. Lambang Kerajaan Spanyol terpampang pada relief rendah di atas pintu masuk utama, mungkin mencerminkan kontribusi raja Spanyol terhadap pembangunannya.

Selama Perang Dunia II, sebagian besar katedral dihancurkan oleh pemboman kota Sekutu. Hanya belfry (dibangun pada tahun 1835), fasad, dan dinding yang tersisa. Gedung ini segera dibangun kembali pada tahun 1950an di bawah pengawasan arsitek Jose Ma. Zaragosa,[3] pada masa jabatan Uskup Agung Gabriel Reyes.

Pada tahun 1982, sebuah mausoleum dibangun di belakang sakristi atas inisiasi Kardinal-Uskup Agung Julio Rosales.[4] Mausoleum ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi jenazah para uskup dan pastor Cebu. Rosales, yang meninggal tiga bulan setelah peresmian mausoleum, dimakamkan di sana bersama dengan Uskup Agung Manuel Salvador, uskup agung koajutor Cebu, Uskup Agung Mariano Gaviola, uskup Agung Lipa (1981–1993), dan yang terbaru, penerus Rosales, Ricardo Vidal. Jenazah Uskup Juan Bautista Gorordo, uskup Filipina dan Cebuano pertama di Cebu, juga dikebumikan di sana.

Katedral ini direnovasi untuk perayaan 75 tahun pengangkatan Cebu menjadi keuskupan agung pada tanggal 28 April 2009.[5] Vatikan sedang menunggu permohonan untuk meninggikan katedral menjadi basilika kecil[2] untuk menghormati St. Vitalis, seorang martir Kristen mula-mula. Hari rayanya bertepatan dengan hari patung Sto. Niño de Cebu ditemukan hampir 450 tahun yang lalu, bertepatan dengan peringatan pengangkatan Cebu menjadi keuskupan agung.

Rektor katedral dan moderator tim pastor saat ini adalah Camilo Alia yang dilantik pada tahun 2019. Ia menggantikan Ruben Labajo yang ditunjuk sebagai moderator tim pastor Paroki Santo Fransiskus Assisi di Balamban, yang kemudian ditahbiskan sebagai Uskup auksilier Cebu dan saat ini menjadi moderator tim pastor Paroki Bunda Maria Rosario Mahakudus di P. Del Rosario St., Kota Cebu.

Diberkahi dengan status paroki penuh, Katedral Metropolitan Cebu terdiri dari barangay sipil Tinago, San Roque, Santo Niño, T. Padilla, Day-as, Tejero, dan Parian, semuanya berlokasi di wilayah tenggara dan pusat kota Kota Cebu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keuskupan Agung Metropolitan Cebu, Filipina
  2. ^ a b Astrid Sala-Boza, “ Situs yang Diperebutkan untuk Menemukan Anak Kudus: Villa San Miguel atau San Nicolas (Cebu El Viejo),” Philippine Quarterly of Culture Society 34, (2006): 232. www.jstor.org/stable/29792595
  3. ^ a b "Cebu Cathedral" Diarsipkan 2007-09-26 di Wayback Machine.
  4. ^ http://cebuheritage.net Diarsipkan 2012-04-27 di Wayback Machine.
  5. ^ "P30-M Cebu Cathedral renovation - INQUIRER.net, Philippine News for Filipinos". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-30. Diakses tanggal 2010-07-16.