Katedral Castelsardo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Castelsardo
Katedral Santo Antonius Abbas
bahasa Italia: Concattedrale di S. Antonio Abate
Katedral Castelsardo
LokasiCastelsardo
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tempio-Ampurias

Katedral Castelsardo (bahasa Italia: Concattedrale di Sant'Antonio abate) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Castelsardo, Sardinia utara, Italia, dan didedikasikan untuk Santo Antonius Agung. Keuskupan tersebut menjadi kedudukan uskup Ampurias pada tahun 1503. Pada tahun 1839 keuskupan Ampurias digabungkan menjadi keuskupan Tempio, dan kedudukan uskup dipindahkan ke Katedral Tempio, ketika keuskupan Castelsardo menjadi kon-katedral, seperti yang masih ada di Keuskupan Tempio-Ampurias sekarang.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bangunan saat ini berasal dari rekonstruksi yang dimulai pada tahun 1597 yang berlangsung hingga abad ke-18. Katedral ini merupakan campuran elemen Catalan Gotik dan Renaisans, dan menghadap langsung ke laut. Interiornya menggunakan denah salib Latin, dengan satu bagian tengah dengan kubah tong, kapel samping, dan transept. Penyeberangan ini memiliki cross vault pada empat pilaster dengan pahatan ibu kota.

Gereja ini memiliki menara lonceng yang tinggi, di atasnya terdapat kubah kecil yang dihiasi majolica.

Presbiteri ditinggikan, dan memiliki langkan marmer. Apse, dengan kubah salib yang dihiasi bintang-bintang, menampung altar marmer tinggi tahun 1810, yang ditandai dengan daya tarik utama gereja, Madonna dan Anak yang Bertahta, sebuah lukisan abad ke-15, yang dikaitkan dengan Master of Castelsardo. Juga oleh artis terakhir adalah St. Michael the Archangel, dipajang di ruang bawah tanah, sekarang menjadi museum keuskupan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°55′1″N 8°42′45″E / 40.91694°N 8.71250°E / 40.91694; 8.71250