Katedral Cartago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Cartago
Katedral Bunda Maria dari Karmel
bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen
Katedral Cartago
LokasiCartago
NegaraKosta Rika
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Cartago di Kosta Rika

Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel [1] (bahasa Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Carmen) juga disebut Katedral Cartago[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Cartago di wilayah homonim negara Kosta Rika di Amerika Tengah.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan pusat Keuskupan Cartago di Kosta Rika (Dioecesis Carthaginensis di Kosta Rika) yang dibentuk pada Mei 2005 oleh Paus Benediktus XVI saat itu melalui bulla "Saepe kontingit". Katedral ini merupakan salah satu dari 2 gereja terpenting di kota ini, dengan Basilika Bunda Para Malaikat (Basílica de Nuestra Señora de Los Ángeles).[3]

Sejarahnya dimulai dari gereja paroki, yang dibangun antara tahun 1954 dan 1960[4] dengan Enrique Bolaños sebagai pastor lokal pada waktu itu. Saat ini, gereja tersebut berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup José Francisco Ulloa Rojas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria Karmel
  2. ^ "Diócesis de Cartago - IGLESIACR". www.iglesiacr.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-23. Diakses tanggal 2016-10-17. 
  3. ^ DK. DK Panduan Perjalanan Saksi Mata Kosta Rika. Penguin. ISBN 9781465432681. 
  4. ^ "Porte della Misericordia". www.iubilaeummisericordiae.va. Diakses tanggal 2016-10-17.