Enrique Bolaños

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangEnrique Bolaños

Biografi
Kelahiran13 Mei 1928
Nindirí (en)
Kematian14 Juni 2021 (93 tahun)
Nindirí (en)
Tempat pemakamanMonimbó (en) Galat: Kedua parameter tahun harus terisi!
Presiden Nikaragua
10 Januari 2002 – 10 Januari 2007
← Arnoldo AlemánDaniel Ortega →
Wakil Presiden Nikaragua
10 Januari 1997 – 24 Oktober 2000
← Julia Mena (en)Leopoldo Navarro (en) →
Data pribadi
AgamaGereja Katolik Roma
PendidikanSaint Louis University (en)
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus
Partai politikAlliance for the Republic (en)
Keluarga
Pasangan nikahLila T. Abaunza (en)

Enrique José Bolaños Geyer (lahir 13 Mei 1928) tampil sebagai Presiden Nikaragua hingga digantikan oleh José Daniel Ortega Saavendra. Presiden Bolaños adalah seorang keturunan Spanyol dan Jerman yang lahir di Masaya (Masaya).

Secara terbuka ia menentang pemerintahan Sandinista pada 1980-an, menyebabkan penahanan dalam masa yang singkat, disertai intimidasi, ancaman dari pemerintahan dan penganiayaan politik. Perusahaan produksi agronya yang berhasil SAIMSA disita oleh pemerintahan Sandinista.

Bolaños menjabat sebagai WaPres hingga pendahulunya Arnoldo Aleman. Pada 4 November 2001 ia mengalahkan Jose Daniel Ortega Saavendra dari Partai Sandinista dalam PilPres dan disumpah sebagai presiden pada 10 Januari 2002.

Ia adalah anggota Partai Liberal Konstitusi (PLC) hingga memisahkan diri untuk membentuk Aliansi Republik (APRE). Di awal pemerintahannya ia memimpin gerakan antikorupsi terhadap pendahulunya dan ketua PLC, José Arnoldo Alemán Lacayo, menjatuhinya hukuman 20 tahun penjara, tetapi secara politik mengisolasi diri dari Partai Liberal yang berpengaruh. Perjuangan institusi untuk kekuasaan antara legislatif, eksekutif, dan yudikatif menyebabkan ketidakefisienan besar bagi pemerintahan Bolaños. Secara tradisional ParPol yang memiliki kepentingan diri mendominasi arena politik Nikaragua.

Pada September dan Oktober 2005, Bolaños diancam tuduhan oleh usaha gabungan Partai Liberal dan Sandinista namun dengan ancaman yang dideking AS "untuk menyunat bantuan", "kudeta gerakan lambat" ini berbalik, dan setiap perubahan konstitusi tertunda hingga tahun berikutnya [1] [2] Diarsipkan 2006-06-03 di Wayback Machine.. Perubahan ini terjadi bersamaan dengan digolkannya CAFTA oleh legislatif Nikaragua [3] Diarsipkan 2005-12-10 di Wayback Machine.

Didahului oleh:
Arnoldo Aleman Lacayo
Presiden Nikaragua
10 Januari 2002-10 Januari 2007
Diteruskan oleh:
Daniel Ortega Saavedra