Katedral Birmingham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Birmingham
Gereja Katedral Metropolitan dan Basilika Minor Santo Chad di Birmingham
Inggris: Metropolitan Cathedral and Basilica of St Chad
Katedral Birmingham
West Midlands
Katedral Birmingham
Katedral Birmingham
Lokasi Katedral Birmingham di West Midlands
52°29′08″N 1°53′55″W / 52.4855°N 1.8986°W / 52.4855; -1.8986Koordinat: 52°29′08″N 1°53′55″W / 52.4855°N 1.8986°W / 52.4855; -1.8986
LokasiBirmingham, West Midlands
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webstchadscathedral.org.uk
Sejarah
Tanggal konsekrasi1841
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAugustus Welby Northmore Pugin
GayaNeo-Gotik
Dibangun1839–1841
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Birmingham (since 1850)
ProvinsiBirmingham
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Bernard Longley
DekanTimothy Menezes

Katedral Birmingham atau yang bernama lengkap Gereja Katedral Metropolitan dan Basilika Santo Chad (Inggris: Metropolitan Cathedral and Basilica of St Chad) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Birmingham, Inggris, Britania Raya. Katedral ini merupakan gereja induk dari Keuskupan Agung Birmingham dan didedikasikan untuk Santo Chad dari Mercia.

Dirancang oleh Augustus Welby Pugin dan selesai secara substansial pada tahun 1841, Katedral ini menjadi salah satu dari empat gereja Katolik pertama yang dibangun setelah Reformasi Inggris dan dinaikkan statusnya menjadi katedral pada tahun 1852.[1] Ini adalah salah satu dari hanya empat basilika minor di Inggris (yang lainnya adalah Downside Abbey , Tempat Ziarah Nasional Our Lady of Walsingham dan Corpus Christi Priory).

Katedral Birmingham adalah gedung terdaftar Kelas II*.[2] Katedral ini terletak di ruang hijau publik dekat St Chad's Queensway, di pusat kota Birmingham. Katedral ini merupakan tempat kedudukan Uskup Agung Birmingham, saat ini Bernard Longley, dan dekannya adalah Monsinyur Timothy Menezes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Birmingham adalah salah satu katedral Katolik pertama yang didirikan di Inggris setelah Reformasi Inggris yang diprakarsai oleh Raja Henry VIII pada tahun 1534. Katedral St Chad dibangun atas perintah Uskup Thomas Walsh, vikaris apostolik setempat (bergelar Vikaris Apostolik Distrik Midland). Katedral St Chad dirancang oleh Augustus Welby Pugin, peletakan batu pertama dilakukan pada bulan Oktober 1839 dan bangunan tersebut dikuduskan sebagai gereja pada tanggal 21 Juni 1841.[3] Proyek ini menerima sumbangan besar dari John Talbot, 16th Earl of Shrewsbury, yang merupakan Earl of Shrewsbury Katolik terakhir.[4] Gereja ini dinaikkan statusnya menjadi katedral pada tahun 1852 setelah restorasi Hirarki Katolik di Inggris oleh Paus Pius IX pada tahun 1850.[1] The uskup pertama Birmingham adalah William Bernard Ullathorne OSB, yang monumennya adalah ruang bawah tanah katedral. Ia dimakamkan di St Dominic's Priory, Stone, sebuah biara para suster Dominikan. Pada tahun 1911 keuskupan tersebut diangkat menjadi keuskupan agung.

Katedral ini terletak di Gunmakers Quarter di Birmingham, yang membahayakannya selama Perang Dunia Kedua dan dibom pada tanggal 22 November 1940. Sebuah bom pembakar jatuh melalui atap lorong selatan dan memantul dari lantai ke beberapa tempat. pipa pemanas sentral, yang kemudian pecah. Air dari pipa pemanas sentral yang rusak kemudian memadamkan api. Sebuah tablet ucapan syukur muncul di desain popok di langit-langit transept, bertuliskan Deo Gratias 22 Nov 1940 ('Syukur kepada Tuhan').

Pada tahun 1941, Katedral Birmingham dinyatakan sebagai Basilika minor oleh Paus Pius XII sebagai gereja yang memiliki hubungan sejarah yang penting: hanya satu dari dua gereja serupa di Inggris. Tintinnabulum menara lonceng berkisi emas dan conopaeum, yaitu payung kecil bergaris merah dan emas, dipajang di tangga altar sebagai simbol resmi sebuah basilika.[5] Uskup agung terakhir adalah Vincent Nichols, yang menjabat dari tahun 2000 hingga 2009, dan kemudian menjadi Uskup Agung Westminster. Pada 2014, Keuskupan Agung Birmingham dipimpin oleh Bernard Longley, uskup tituler Zanda, yang diangkat sebagai uskup agung pada tanggal 1 Oktober 2009, dan dilantik di katedralnya oleh Uskup David McGough (Uskup Pembantu Birmingham yang bertugas di wilayah Staffordshire Utara Keuskupan Agung), dan dipersembahkan tongkat uskupnya oleh pendahulunya Uskup Agung Nichols pada Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, 8 Desember 2009.

Katedral Birmingham menjadi tempat diselenggarakannya Midnight Mass, disiarkan oleh BBC One pada Natal 2016 dan 2021.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Dekrit Kongregasi Suci untuk Penyebaran Iman, 21 April 1852. Gereja-gereja lain yang diangkat menjadi katedral berdasarkan dekrit ini adalah St George's, Southwark, St Barnabas, Nottingham dan St John's, Salford: ``Decreta Quatuor Conciliorum Provinceium Westmonasteriensium, (2nd Edn, London: Burns & Oates), hal.56; terjemahan dalam: Robert Guy OSB, The Synods in English (Stratford-on-Avon: St Gregory Press, 1886) hal.101.
  2. ^ Historic England. "Grade II* (1220729)". Daftar Warisan Nasional Inggris. Diakses tanggal 17 September 2009. 
  3. ^ Phoebe Stanton, Pugin (pp 557–66)
  4. ^ Institut Our Lady of Mercy. "John Talbot". Diakses tanggal 25 Oktober 2013. 
  5. ^ St Chad's Cathedral Website
  6. ^ "BBC One - Midnight Mass".