Katedral Beirut (Yunani Melkit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Yunani Melkit Beirut
Gereja Katedral Katolik Yunani Melkit Santo Elias di Beirut
Katedral Katolik Yunani Melkit Beirut
LokasiBeirut
NegaraLebanon
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Melkit)
TradisiBizantium
Sejarah
DedikasiSanto Elias
Tanggal konsekrasi1849
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungEparki Agung Beirut dan Jbeil

Katedral Katolik Yunani Melkit Santo Elias adalah sebuah gereja katedral Katolik dari Yunani-Melkit yang terletak di pusat kota Beirut,[1] Lebanon, didedikasikan untuk Santo Elias, dipugar sepenuhnya setelah Perang Saudara Lebanon (1975–1990) pada konstruksi sebelumnya yang berasal dari sebuah biara Choueirite dari abad ke-19. Rancangannya mengikuti gaya Bizantium.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah biara yang terdiri dari para biarawan Choueirite dan sebuah gereja yang didedikasikan untuk Santo Elias pernah berdiri di situs ini. Keduanya dibangun menjelang akhir abad ke-18, menyusul perpecahan komunitas Melchite Beirut menjadi gereja Ortodoks dan Katolik.

Dalam bahaya keruntuhan, kompleks ini dibangun kembali antara tahun 1847 dan 1849 di bawah kepemimpinan Uskup Agapios Riachi, menghasilkan katedral tiga bagian yang sekarang. Denahnya mengikuti gaya Bizantium, sedangkan interiornya menggabungkan barok dan fitur Islam. Selama paruh pertama abad ke-20, bagian luar katedral dipugar dua kali, pertama pada tahun 1901, kemudian antara tahun 1940 dan 1950. Pembangunan gedung Assicurazioni Generali pada tahun 1930-an menghalangi pandangan katedral dari Kotak Etoile.

Rusak parah selama Perang Saudara Lebanon (1975–1990), katedral telah dipugar sepenuhnya. Renovasi tersebut membuka kembali pintu masuk utamanya di sisi barat, dan menggantikan bekas tempat tinggal uskup dengan menara lonceng dan ruang resepsi. Halaman terbuka bertiang – peristyle – dari sebuah bangunan publik Romawi ditemukan selama pengerjaan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]