Katedral Bayonne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bayonne
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Sainte-Marie de Bayonne
Katedral Bayonne
LokasiBayonne
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Bayonne

Katedral Bayonne atau yang bernama resmi Katedral Bunda Maria dari Bayonne (Perancis: Cathédrale Sainte-Marie de Bayonne atau Cathédrale Notre-Dame de Bayonne; Basque: Santa Maria katedrala atau Andre Maria katedrala), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Bayonne, Prancis. Gereja ini adalah takhta dari mantan Uskup Bayonne, Lescar, dan Oloron. Katedral berada dalam tradisi arsitektur Gotik.

Situs ini sebelumnya ditempati oleh katedral Romawi yang hancur akibat dua kebakaran pada tahun 1258 dan 1310.[1] Pembangunan katedral yang sekarang dimulai pada abad ke-13 dan selesai pada awal abad ke-17, kecuali dua menara yang baru selesai pada abad ke-19. Strukturnya telah banyak dipugar dan diperbarui, terutama oleh Émile Boeswildwald, arsitek pemerintah Prancis pada abad ke-19, dan murid Eugène Viollet-le-Duc.[2]

Katedral ini berisi relik Santo Leo dari Bayonne, seorang Uskup Bayonne abad ke-9 dan penginjil Negeri Basque.[3] Katedral ini berdiri di Jalan Ziarah Santiago de Compostela dan, sebagai bagian dari Rute Santiago de Compostela di Prancis, telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia pada tahun 1998.[4][5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keyakinan Sepanjang Waktu: 5.000 Tahun Sejarah Keagamaan [4 Jilid]: 5.000 Tahun Sejarah Keagamaan. 2. Santa Barbara, CA. hlm. 849. ISBN 9781610690263. 
  2. ^ "Katedral dan biara Bayonne - Tourism Bayonne, Prancis". 
  3. ^ "St Léon de Bayonne". www.collegenotredamebayonne.com. Diakses tanggal 2018-11-27. 
  4. ^ Centre, Warisan Dunia UNESCO. "Rute Santiago de Compostela di Prancis (Maps)". whc.unesco.org. 
  5. ^ Centre, Warisan Dunia UNESCO. "Rute Santiago de Compostela di Prancis". whc.unesco.org. Diakses tanggal 27-11-2018.