Katedral Barinas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Barinas
Katedral Bunda Pilar
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Pilar
Katedral Barinas
LokasiBarinas
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Barinas

Katedral Bunda Maria dari Pilar[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Pilar) atau sekadar Katedral Barinas,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Briceño Mendez Avenue di depan Bolivar Square di kota Barinas, ibu kota Negara Bagian Barinas,[3] di wilayah dataran negara Amerika Selatan Venezuela.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan berfungsi sebagai kedudukan Keuskupan Barinas (Dioecesis Barinensis) yang didirikan pada tanggal 23 Juli 1965, dengan bulla kepausan Apostolicum munus dari Paus Paulus VI. Katedral ini berada di bawah tanggung jawab pastoral Uskup Jesús Alfonso Guerrero Contreras, O.F.M. Topi. Sesuai dengan namanya, katedral ini didedikasikan kepada Perawan Maria dalam gelarnya Bunda Pilar.[4]

Katedral ini adalah bangunan yang berasal dari era kolonial Spanyol yang dibangun antara tahun 1770 dan 1780. Katedral ini adalah objek wisata penting dan monumen keagamaan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catedral de Nuestra Señora del Pilar, Barinas
  2. ^ Arellano, Fernando (1988-01-01). El arte hispanoamericano. Universidad Catolica Andres. ISBN 9789802440177. 
  3. ^ Memoria y cuenta ... disajikan di Konggres de la República oleh el ciudadano Ministro. El Ministerio. 
  4. ^ "Catedral nuestra señora del pilar de santiago y zaragoza - estado barinas". www.pac.com.ve. Diarsipkan dari versi asli tanggal 06-05-2016.