Katedral Arundel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Arundel
Gereja Katedral Bunda Maria dan Santo Philip Howard di Arundel
Inggris: Cathedral Church of Our Lady and St Philip Howard, Arundel
Katedral Arundel
Koordinat: 50°51′19″N 0°33′32″W / 50.8552°N 0.559°W / 50.8552; -0.559
LokasiArundel, Sussex Brata
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webarundelcathedral.org
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekJoseph Hansom
GayaGothic Revival
Dibangun1868-
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Arundel dan Brighton (since 1965)
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Richard Moth
DekanRomo David Parmiter
Listed Building – Grade I
Nama resmi: Roman Catholic Cathedral of St Philip Neri and piers surrounding churchyard
Ditetapkan26 Maret 1949
1248090[1]

Katedral Arundel atau yang bernama resmi Gereja Katedral Bunda Maria dan Santo Philip Howard (Inggris: Cathedral Church of Our Lady and St Philip Howard, Arundel) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Arundel, Sussex Barat, Inggris. Katedral ini didedikasikan pada tahun 1873 sebagai gereja paroki Katolik di Arundel, katedral ini menjadi katedral di pusat Keuskupan Arundel dan Brighton pada tahun 1965. Sekarang berfungsi sebagai takhta bagi Uskup Arundel dan Brighton.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lokasi, konstruksi, desain, dan dedikasi katedral ini sangat dipengaruhi oleh keluarga Howard, yang, sebagai Dukes of Norfolk dan Earls of Arundel adalah yang paling keluarga Katolik Inggris terkemuka, dan peringkat pertama (di bawah keluarga kerajaan) di Peerage of England. Sejak tahun 1102, kedudukan nenek moyang keluarga Howard adalah Kastil Arundel.

Pada tahun 1664, ibadah Katolik ditindas di Inggris oleh Conventicle Act, dan semua gereja dan katedral di Inggris dipindahkan ke Gereja Inggris. Dengan Roman Catholic Relief Act 1829, pendirian paroki Katolik menjadi sah kembali.

Pada tahun 1868, Henry Fitzalan-Howard, Adipati Norfolk ke-15, menugaskan arsitek Joseph Hansom untuk merancang tempat perlindungan Katolik baru sebagai pendamping yang cocok untuk Kastil Arundel. Gaya arsitektur katedral adalah Gotik Prancis, sebuah gaya yang populer antara tahun 1300 dan 1400—periode di mana keluarga Howard menjadi terkenal secara nasional di Inggris. Bangunan ini adalah Terdaftar Kelas I dan dianggap sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Kebangkitan Gotik dalam gaya Gotik Prancis di negara tersebut.

Gereja ini awalnya didedikasikan untuk Bunda Maria dan St Philip Neri, tetapi pada tahun 1971, setelah kanonisasi Philip Howard, 1st Earl of Arundel, dan pemakaman kembali reliknya di katedral, dedikasinya diubah menjadi Bunda Maria dan St Philip Howard.

Organis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Elizabeth Stratford ditunjuk sebagai Organis dan Master Paduan Suara katedral, menjadi wanita pertama yang memegang jabatan Direktur Musik di katedral Inggris. Stratford menempuh pendidikan di St. Joseph's Catholic College, Bradford dan kemudian di Universitas Huddersfield memenangkan beasiswa untuk suara, komposisi dan organ dari RCO dan perwalian lainnya. Dia belajar di Universitas Leeds dengan Gordon Stewart (organ), Simon Lindley (pelatihan paduan suara) dan Philip Wilby (komposisi).[2] Dia menggantikan Alistair Warwick sebagai Organist dan Direktur Musik katedral, dan dia juga mengajar piano di Brighton College.

Acara[sunting | sunting sumber]

Katedral ini menjadi lokasi video musik Libera[3] dan juga beberapa konsernya (2007, 2009, 2010, 2012, 2014 dan 2019).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:National Heritage List for England
  2. ^ "Arah Musik". Arundel Cathedral. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Januari 2014. Diakses tanggal 28 Mei 2013. 
  3. ^ O Sanctissima (solo: Ben Philipp) - Libera Official, 2011 (YouTube).