Katedral Aquino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aquino
Katedral Santo Thomas Aquino
bahasa Italia: Duomo di Aquino
Katedral Aquino
LokasiAquino
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Sora-Cassino-Aquino-Pontecorvo

Katedral Aquino (bahasa Italia: Concattedrale di Aquino; Cattedrale dei Santi Costanzo Vescovo e Tommaso d'Aquino) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Aquino, Lazio, Italia.[1] Didedikasikan kepada para Santo Constantius dari Aquino dan Thomas Aquinas.

Dulunya merupakan kursi episkopal Keuskupan Aquino, dari tahun 1725 Keuskupan Aquino e Pontecorvo. Keuskupan ini menjadi katedral bersama Keuskupan Sora-Aquino-Pontecorvo pada pembentukannya pada tahun 1818. Keuskupan tersebut berganti nama menjadi Keuskupan Sora-Cassino-Aquino-Pontecorvo pada tahun 2014 ketika menggabungkan Biara Teritorial Montecassino.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral pertama diyakini dibangun di Aquino pada tahun 1094, sebagai sumbangan yang diberikan kepada Biara Montecassino. Itu didedikasikan untuk Rasul Santo Petrus, dan diberi nama San Pietro Vetere. Katedral kedua, yang didedikasikan untuk St Mary of the Angels, juga dibangun di lokasi situs arkeologi Aquinum saat ini. Sekitar pertengahan abad ke-13, San Pietro digantikan oleh gereja San Costanzo, yang didedikasikan untuk santo pelindung kota yang merupakan uskup Aquino pada abad ke-6. Pada awal abad kedelapan belas, gereja San Costanzo runtuh dan dibangun kembali dengan gaya Barok oleh Uskup de Carolis dan diresmikan pada tahun 1711.

Pada tahun 1944, kota ini menjadi sasaran pemboman, yang menyebabkan kerusakan serius dan permanen pada katedral San Costanzo. Pada akhir Perang Dunia Kedua, rekonstruksi dimulai di seberang alun-alun tempat katedral sekarang berada. Proyek tersebut dilaksanakan oleh arsitek Breccia-Fratadocchi, dan gereja tersebut ditahbiskan oleh uskup Aquino, Sora dan Pontecorvo pada tanggal 19 Oktober 1963.[2]

Katedral adalah gereja modern dan megah, dengan denah salib Yunani. Di apse, terdapat mosaik besar yang menggambarkan Kebangkitan Yesus. Gereja mempunyai beberapa peninggalan Saint Thomas, yang disumbangkan oleh katedral Toulouse.

Pada tanggal 17 Januari 1974 Paus Paulus VI mengangkat katedral San Costanzo Vescovo dan San Tommaso d'Aquino di Aquino menjadi sebuah basilika kecil, menyusul petisi dari Uskup Minchiatti yang dipromosikan oleh Don Battista dan ditujukan kepada Paus Montini.[2]

Lambang basilika terdiri dari:

  • Sebuah perisai yang di tengahnya bersinar Matahari St. Thomas: Matahari yang bersinar di perisai itu adalah simbol St. Thomas, Pelindung Kota Aquino dan Keuskupan Aquino, Sora dan Pontecorvo.
  • Spanduk Kepausan berbentuk payung dengan gusset berwarna merah dan kuning, tampak seperti payung setengah tertutup yang pada zaman dahulu dibuka untuk melindungi tokoh-tokoh terkemuka dari terik matahari atau hujan. Ketika didekorasi dengan warna merah dan emas, itu digunakan di basilika Romawi untuk menyambut Paus yang pergi berkunjung ke sana. Oleh karena itu, kehadirannya tidak sesuai dengan gelar Basilika sebuah bangunan gerejawi dan kaitannya dengan Penerus Petrus.
  • Dua kunci, yang mengacu pada bagian Injil terkenal di mana Yesus memberikan Kunci Surga kepada Petrus: "Aku akan memberimu kunci kerajaan surga; apa pun yang kamu ikat di bumi akan terikat di surga, dan apa pun yang kamu lepaskan di bumi akan dilepaskan di surga.” (Mat 16,19).[3]
  • Teks yang berbunyi: “IN SAPIENTIA MANET SICUT SOL”.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilica Concattedrale di Ss. Costanzo e Tommaso d'Aquino, Aquino, Frosinone, Italia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-10. 
  2. ^ a b "Basilicas di Italia, Negara Kota Vatikan, San Marino". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2021-06-23. 
  3. ^ "Bagian Gerbang Alkitab: Matius 16:19 - Versi Internasional Baru". Gerbang Alkitab. 
  4. ^ Tommaso, Alamat: Piazza San. "Basilica Concattedrale di Aquino".