Katedral Anagni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Anagni
Katedral Basilika Kabar Sukacita Santa Perawan Maria
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Maria SS.ma Annunziata
Katedral Anagni
LokasiAnagni
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Anagni-Alatri

Katedral Anagni (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria Annunziata; Cattedrale di Anagni) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Anagni, Lazio, Italia, terkenal sebagai kediaman musim panas para Paus selama berabad-abad (sebelum Istana Kepausan Castel Gandolfo). Rumah bagi cathedra dari Keuskupan Anagni-Alatri, ini adalah Gereja Maria yang didedikasikan untuk Pemberitahuan Santa Perawan Maria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral adalah kedudukan episkopal Keuskupan Anagni-Alatri.

Gereja ini dibangun dengan gaya Romawi pada tahun 1072-1104 yang dilindungi oleh kaisar Bizantium Michele VII Ducas. Interiornya bergaya Gotik-Lombard setelah renovasi pada tahun 1250.

Trotoar interior (1231) dibuat dengan mosaik cosmatesque. Lunet interior di atas portal utama menggambarkan Madonna dan anak antara Saints Magno dan Secondina (akhir abad ke-13). Ciborium di altar utama diselesaikan oleh Vassalletto pada tahun 1267. Lukisan dinding para rasul di dinding apse dilukis pada abad ke-17 oleh Borgogna. Sedangkan lukisan dinding di setengah kubah apse dengan diselesaikan pada abad ke-19 oleh Giovanni dan Pietro Gagliardi.

Ruang bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Sebuah tangga di sisi kiri gereja turun ke ruang bawah tanah, juga disebut Oratorium Thomas Becket, dikanonisasi di kota Segni tiga tahun setelah pembunuhannya pada tahun 1170. Selama keuskupan Pandulf dari tahun 1237 hingga 1256, dindingnya ditutupi lukisan dinding yang menggambarkan pemandangan alkitabiah, banyak yang kini rusak parah. Kemungkinan sejumlah seniman bekerja di ruang bawah tanah, termasuk pengikut Pietro Cavallini. Di belakang altar, di bawah gambaran Kristus dan Madonna adalah gambaran St Thomas dan uskup lainnya. Altar lainnya didedikasikan untuk San Magno, pelindung kota; juga sebuah altar yang didedikasikan untuk Saints Secondina, Aurelia, dan Neomisia; sebuah altar yang didedikasikan untuk para Martir Suci; dan terakhir sebuah altar yang didedikasikan untuk Uskup Pietro da Salerno dan Perawan Suci Oliva. Trotoar mosaik diselesaikan oleh keluarga Cosma pada tahun 1231.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komune Anagni, entri di Katedral.