Katedral Albenga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Albenga
Katedral Santo Mikael
bahasa Italia: Duomo di Albenga
Katedral Albenga
LokasiAlbenga
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Albenga-Imperia

Katedral Albenga (bahasa Italia: Cattedrale di San Michele Arcangelo, Duomo di Albenga) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Albenga, di provinsi Savona dan wilayah Liguria, Italia. Ini adalah kedudukan Keuskupan Albenga-Imperia.[1]

Sebuah gereja telah menempati situs tersebut sejak pergantian abad ke-4 hingga ke-5, tetapi bangunan yang ada saat ini adalah bangunan abad pertengahan, dibangun sekitar tahun 1100, dengan pembangunan kembali besar-besaran pada paruh kedua abad ke-12, dan satu lagi pada tahun 1582. Sebuah proyek restorasi pada tahun 1970-an sebagian besar mengembalikan bangunan tersebut ke struktur abad pertengahan. Menara Lonceng dibangun kembali dalam bentuknya yang sekarang pada tahun 1390-an.

Peninggalan Santo Veranus (San Verano), yang berperan penting dalam Kristenisasi Albenga pada abad ke-6, disimpan di sebuah kuil.

Interior katedral dipenuhi dengan patung dan karya seni. Lukisan langit-langit abad ke-19 dibuat oleh Maurizio dan Tommaso Carrega. Lukisan dinding lainnya, khususnya yang ada di apse, berasal dari abad ke-15. Bagian tengah sebelah kanan berisi lukisan dinding karya seniman Il Pancalino dari Santo Clare dan dua donor, dan dari Penyaliban dengan para Suci Anthony the Great dan Yohanes Penginjil, dengan uskup Albenga. Altar di altar tinggi menggambarkan Saint Veranus, Saint Michael dan Yohanes Pembaptis.

Katedral ini juga memiliki dua lukisan dari akhir abad ke-14 karya Luca Baudo dari Saint Eligius dan Saint Ampelius; lukisan Keajaiban St. Veranus oleh Giovanni Lanfranco; dan Madonna and Child with Saints oleh Orazio de Ferrari (dua yang terakhir tidak ditampilkan secara publik demi alasan keamanan).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]