Katedral Alajuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alajuela
Katedral Bunda Maria dari Pilar
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Pilar
Katedral Alajuela
LokasiAlajuela
NegaraKosta Rika
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Alajuela

Katedral Bunda Maria dari Pilar [1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Pilar ) disebut juga Katedral Alajuela[2] atau Katedral Perawan Pilar, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Alajuela,[3] kota terbesar kedua di negara Amerika Tengah Kosta Rika.[4]

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan merupakan pusat kedudukan dan takhta dari Keuskupan Alajuela (Dioecesis Alaiuelensis) yang didirikan pada tahun 1921 oleh bulla kepausan "Praedecessorum Nostrorum" dari Paus Benediktus XV.

Bangunan saat ini berawal dari sebuah kapel kecil yang dibangun pada tahun 1782 tidak jauh dari lokasinya saat ini. Sebuah struktur baru yang dirancang oleh Gustavo Casallini mulai dibangun pada tahun 1854 tetapi dihentikan segera setelah itu karena perang sehingga pembukaan dan konsekrasi ditunda hingga tahun 1863. Antara tahun 1946 dan 1967 ia mengalami renovasi yang intensif.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Pilar
  2. ^ Memoria del Primer Congreso Mundial de Derechos Humanos, dirayakan di Alajuela, Kosta Rika, tanggal 6 sampai 12 Desember 1982. 
  3. ^ Alajuela, Departamento de Comunicación- Diócesis de. "Parroquia Catedral". Diócesis de Alajuela. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-19. 
  4. ^ Vega, Eugenio Rodríguez. Por el camino (dalam bahasa Spanyol). EUNED. ISBN 9789977645087.