Katedral Acquapendente

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Acquapendente
Katedral Makam Suci
bahasa Italia: Duomo di Acquapendente
Katedral Acquapendente
LokasiAcquapendente
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Viterbo

Katedral Acquapendente (bahasa Italia: Duomo di Acquapendente, Basilica Cattedrale di San Sepolcro) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Acquapendente di Lazio, Italia. Dulunya merupakan takhta keuskupan Keuskupan Acquapendente, sekarang menjadi kon-katedral di Keuskupan Viterbo.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan ini awalnya adalah gereja bekas biara Benediktin. Selama Abad Pertengahan gereja ini sangat populer sebagai tujuan para peziarah dan orang cacat yang mencari penyembuhan ajaib. Keuskupan tersebut dijadikan katedral pada tahun 1649 sebagai tempat kedudukan Keuskupan Acquapendente, sebuah keuskupan yang dibentuk pada tahun itu sebagai penerus Keuskupan Castro del Lazio yang ditindas, dari bekas katedral yang menerima banyak penghargaan harta karun dan perabotan, dan peninggalan Santo Bernard dari Castro. Keuskupan tersebut disatukan pada tanggal 27 Maret 1986 dengan beberapa keuskupan lainnya untuk membentuk Keuskupan Viterbo, Acquapendente, Bagnoregio, Montefiascone, Tuscania e San Martino al Monte Cimino (pada tahun 1991 berganti nama menjadi Keuskupan Viterbo) , di mana Katedral Acquapendente adalah co-katedral.

Basilika ini juga secara tradisional menikmati status basilika minor.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Awalnya merupakan gereja bekas biara Benediktin, bangunan yang sekarang dimulai sebagai gereja Romawi pada abad ke-12. Namun, bangunan ini telah menjadi sasaran banyak upaya untuk mempercantiknya selama berabad-abad, khususnya sejak menjadi katedral, dan struktur aslinya ditutupi oleh banyak karya selanjutnya, yang sebagian besar terbuat dari lukisan terakota dan plesteran, seperti Neoklasik depan barat.

Ruang bawah tanah, yang berasal dari paruh kedua abad ke-10 dan karenanya lebih tua dari bangunan utama, sangat menarik karena susunan pilarnya yang tidak biasa, yang membagi ruang menjadi sembilan lorong kecil, dan ibu kota zoomorfik yang diukir dengan rumit. dari pilar itu sendiri. Ruang bawah tanah juga berisi batu berlumuran darah yang konon berasal dari Makam Suci di Yerusalem, tempat peresmiannya.

Katedral ini juga berisi dua bas-relief yang dikreditkan ke Agostino di Duccio: Tobias dan Malaikat dan Kemenangan Santo Michael atas Naga.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katedral Santo Sepolcro di Acquapendente". Italia.it. Diakses tanggal 2022-12-03.