Kasuari gelambir-ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kasuari gelambir-ganda
Double-wattled Cassowary.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Casuarius casuarius
Nama binomial
Casuarius casuarius
(Linnaeus, 1758)
Casuarius distribution map.png
Sebaran geografis

Kasuari gelambir-ganda (Casuarius casuarius) adalah salah satu burung dari tiga spesies kasuari, yaitu kasuari gelambir ganda (Casuarius casuarius), kasuari gelambir tunggal (Casuarius unappendiculatus), dan kasuari kerdil (Casuarius bennetti).[1] Berukuran besar dan memiliki rambut berwarna hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya pada kasuari gelambir ganda (Casuarius casuarius). Terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan di atas kepalanya.

telur dari Casuarius casuarius

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Populasi kasuari gelambir ganda tersebar di hutan hujan dataran rendah di Australia, pulau Irian dan pulau Seram di provinsi Maluku.[2] Spesies ini merupakan satu-satunya burung dengan marga Casuarius yang terdapat di benua Australia. Pakan burung kasuari gelambir ganda terdiri dari aneka buah-buahan yang terjatuh di dasar hutan.

Rupa[sunting | sunting sumber]

Kasuari gelambir ganda berukuran besar, tinggi mencapai 170 cm, dan memiliki rambut berwarna hitam yang keras, dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua buah gelambir berwarna merah pada lehernya. Terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan di atas kepalanya. Berat kasuari gelambir ganda betina adalah 60 kg, sedangkan berat kasuari gelambir jantan adalah 35 kg.[3]

Kasuari gelambir ganda memiliki kaki yang besar, berbuku-buku, dan kuat dengan tiga buah jari pada masing-masing kakinya. Jari-jari kaki burung ini sangat berbahaya karena terdapat cakar yang sangat tajam. Semua jenis burung kasuari tidak dapat terbang.

Kasuari tidak dapat terbang, tetapi mampu berenang dengan baik, dan dapat lari dengan cepat. Kasuari mampu untuk melangkah hampir 3 meter (10 kaki) dan dapat mengikuti perjalanan dengan mobil sejauh 40 hingga 50 km (sekitar 25 hingga 30 mil) per jam untuk jarak tertentu. Tanduk pada kepala berfungsi untuk melindungi burung dari cedera oleh cabang-cabang selama gerakan cepat di hutan. Semua jenis kasuari bersifat agresif.

Kembangbiak[sunting | sunting sumber]

Kasuari gelambir ganda jenis betina serupa dengan burung jantan, tetapi betina lebih besar dengan rambut yang lebih panjang, paruh lebih besar, dan bagian warna leher lebih terang. Kasuari gelambir ganda biasanya hidup sendiri, tetapi akan berpasangan ketika musim kawin.[4] Telur burung kasuari berwarna hijau, dan terdapat ulir. Telurnya dierami oleh burung kasuari jantan selama 49-52 hari.

Kasuari gelmabir ganda akan membuat panggilan yang keras selama musim kawin dengan mendesis, dan bergerumuh. Pada anak kasuari gelambir ganda akan membuat peluit bernada tinggi untuk memanggil induk jantannya.

Status Konservasi[sunting | sunting sumber]

Penangkapan liar dan hilangnya habitat hutan mengancam keberadaan spesies ini. Kasuari Gelambir-ganda dievaluasikan sebagai beresiko rendah[5] di dalam IUCN Red List.

Keuntungan untuk Manusia[sunting | sunting sumber]

Kasuari adalah makanan penting bagi masyarakat adat di New Guinea dan Australia, dagingnya menyerupai daging sapi. Selain sebagai makanan, juga ditangkap dan disimpan di kandang sampai mereka cukup besar untuk dimakan. Bulunya digunakan untuk perhiasan pribadi, di Australia bulu burung kasuari digunakan untuk sepatu kurdaitcha atau shoes of silentyang terkenal yang dikenakan oleh algojo Aborigin pada misi nokturnal pembalasan suku atau hukuman.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Casuariiform | order of birds". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-04-11. 
  2. ^ "Southern Cassowary (Casuarius casuarius) - BirdLife species factsheet". datazone.birdlife.org. Diakses tanggal 2018-04-11. 
  3. ^ "Southern cassowary photo - Casuarius casuarius - G123676". Arkive (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-11. Diakses tanggal 2018-04-11. 
  4. ^ "Southern Cassowary - Casuarius casuarius - Overview - Encyclopedia of Life". Encyclopedia of Life (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-04-11. 
  5. ^ "Casuarius casuarius (Southern Cassowary)". www.iucnredlist.org. Diakses tanggal 2018-04-11.