Karl Pauker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karl Viktorovich Pauker (12 Januari 1893 – 14 Agustus 1937) adalah seorang perwira NKVD dan kepala pengawal pribadi Joseph Stalin sampai penangkapan dan eksekusinya.

Pauker lahir dalam keluarga Yahudi di Lviv, yang saat itu merupakan bagian dari Austria-Hungaria. Menurut Simon Sebag Montefiore, sebelum perang dia bekerja sebagai penata rambut di Opera Budapest. Dia lantas bertugas sebagai tentara Austro-Hungaria di Perang Dunia I hingga dia ditangkap lantas dijadikan tawanan perang oleh Rusia pada tahun 1916. Pauker memilih untuk tinggal di Rusia setelah revolusi dan bergabung dengan Partai Komunis pada tahun 1918.

Pauker bergabung dengan Cheka dan menjadi pengawal Stalin pada tahun 1924. Pauker mengambil bagian aktif dalam pembersihan, termasuk eksekusi Grigory Zinoviev dan Lev Kamenev. Dia dipecat pada April 1937, menurut Simon Sebag Montefiore, alasan dia disingkirkan karena dia telah tahu terlalu banyak dan hidup terlalu nyaman. Dia akhirnya ditangkap dan dieksekusi secara diam-diam tanpa pengadilan pada Agustus 1937 dan tidak direhabilitasi secara anumerta.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]