Karangtanjung, Alian, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Karangtanjung
Kantor desa Karangtanjung
Kantor desa Karangtanjung
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanAlian
Kode Kemendagri33.05.11.2006
Luas171 Ha
Jumlah penduduk3.241 Jiwa
Kepadatan-

Karangtanjung adalah sebuah desa di kecamatan Alian, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Karangtanjung berjarak 7 Km dari pusat pemerintahan kecamatan Alian melalui Desa Kalijaya. Desa Karangtanjung merupakan desa yang tergolong dekat dengan perkotaan karena hanya berjarak 4 Km dari pusat Kabupaten Kebumen. Desa Karangtanjung memilki 2 Rukun Warga dan 15 Rukun Tetangga. Desa Karangtanjung pada akhir tahun 2012 memiliki jumlah penduduk sebesar 3.241 jiwa yang terdiri dari Laki-laki 1.570 Jiwa dan perempuan 1.671 Jiwa.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Karangtanjung memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara: Desa Kemangguhan
  2. Sebelah Timur: Desa Tanuharjo
  3. Sebelah Selatan: Desa Jatimulyo
  4. Sebelah Barat: Desa Karang Sari

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan administratif Desa Karangtanjung terdiri dari 9 Pedukuhan:

  1. Dukuh Bakung
  2. Dukuh Gunung
  3. Dukuh Jelarang
  4. Dukuh Krajan
  5. Dukuh Legok
  6. Dukuh Ndukuh
  7. Dukuh Soka
  8. Dukuh Tanjung Kulon
  9. Dukuh Tanjung Wetan

Geografi & Penggunaan Lahan[sunting | sunting sumber]

Desa Karangtanjung memiliki kondisi topografi yang didominasi dataran rendah dibagian tengah hingga selatan dan sedikit lereng bukit dibagian utara.

Ketinggian wilayah Desa Karangtanjung antara 20-120 meter di atas permukaan air laut Mdpl. Sungai utama di wilayah ini adalah Sungai Bakung yang mengalir dari Dukuh Legok - Dukuh Tanjung Wetan - Dukuh Ndukuh - Dukuh Soka. Disebelah barat mengalir Sungai Ngampel yang merupakan tanda batas desa dengan Desa Karang Sari. Disebelah Timur terdapat Sungai Kali Wetan yang menjadi perbatasan dengan Desa Tanuharjo. Untuk sebelah Selatan, terdapat Sungai Karang Duwur yang merupakan pertemuan Sungai Kali Wetan, Sungai Bakung dan Sungai Ngampel. Disamping itu ada sungai buatan yang merupakan saluran irigasi dari Waduk Wadaslintang yang mengalir disebelah utara desa.

Luas wilayah Desa Karangtanjung adalah 171 Ha, terdiri dari tanah sawah seluas 40 Ha dan tanah kering seluas 131 Ha. Jenis tanah di wilayah Desa Karangtanjung adalah terdiri dari tanah liat dan batu-batuan putih. Pemanfaatan tanah sebagian besar untuk pertanian terlebih Desa Karangtanjung dibelah oleh saluran irigasi dari Waduk Wadaslintang . Pertanian tersebut berupa sawah, tanaman pangan, perkebunan atau perikanan yang memiliki luas 40 Ha atau 23,39 % dari luas wilayah Desa Karangtanjung. Sedangkan sisanya seluas 131 Ha atau 76,61 % digunakan untuk bangunan perumahan serta pekarangan, tempat usaha dan lain-lain.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Desa Karangtanjung memiliki 5 posyandu yang terletak di 9 pedukuhan. Di Desa Karangtanjung terdapat sebuah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang sudah bisa melayani pemeriksaan ibu hamil, pelayanan KB dan menyediakan tenaga medis untuk warga yang akan melahirkan. Posyandu juga melayani pemeriksaan kesehatan anak, yang mana ditunjang dengan pelayanan MTBS yaitu masalah tentang balita sakit yang harus ditangani lebih serius atau dengan penuh ketelitian dengan cara wawancara atau berkomunikasi langsung dengan orang tua balita, dari pembicaraan tersebut akan dicatat dan dipecahkan solusinya serta pengobatannya. Posyandu juga melayani imunisasi bagi bayi dan melayani kesehatan atau pemeriksaan umum untuk masyarakat, melaksanakan penjaringan kesehatan anak sekolah baik TK maupun SD.
Posyandu juga melaksanakan penyuluhan-penyuluhan di masyarakat dan juga melakukan survei untuk mengetahui ada tidaknya balita gizi buruk atau lingkungan yang tidak sehat. Di samping kinerja-kinerja di atas, kinerja Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) juga melaksanakan kegiatan bulanan seperti imunisasi dan pertemuan kader yang dilaksanakan sebulan sekali yang setiap pertemuan membahas tentang perkembangan posyandu. Untuk posyandu yang berada di dukuh Jelarang, pertemuan diadakan setiap seminggu sekali . Dalam hal ini, KKN Posdaya kelompok kami dipusatkan di Posyandu yang terletak di dukuh Jelarang.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Di Desa Karangtanjung kegiatan di bidang kerohanian sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya kelompok pengajian yang rutin dilaksanakan setiap Selasa,Kamis, dan Minggu. Ada pula pertemuan PKK yang rutin diadakan setiap tamggal 8 yang bertempat di Balai Desa. Adanya pertemuan rutin tiap RT dapat mempererat rasa kekeluargaan dan dapat dijadikan ajang rembug dalam menyelesaikan masalah yang ada di wilayah tempat tinggal. Rasa kegotongroyongan masih sangat kental di masyarakat sehingga dapat digunakan untuk menunjang proses pembangunan desa dan mental masyarakat.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Salah satu rumah penduduk yang berlokasi di RT. 05 / RW. I, Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen, Jawa Tengah

Jumlah penduduk di Desa Karangtanjung pada akhir tahun 2012 sebesar lebih dari 3.241 jiwa, yang terdiri antara 752 kepala keluarga. Laki-laki 1.570 Jiwa dan perempuan 1.671 Jiwa. Sedangkan angka kepadatan penduduk adalah sebesar 1895 orang/km².

Tabel Kelompok Tenaga Kerja Menurut Usia (Survei 2012):

No Golongan Umur (Tahun) Jumlah
1 10-14 658
2 15-19 695
3 20-26 480
4 27-40 990
5 41-56 1155
6 < 51 257

Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan (Survei 2012):

No Tingkat Pendidikan Jumlah
1 Taman Kanak-Kanak 411
2 Sekolah Dasar (SD) 957
3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) 697
4 Sekolah Menengah Atas (SMA) 710
5 Akademi (DI-DIII) 50
6 Sarjana (S1-S3)32 32
Sebuah bangunan sederhana di Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen, Jawa Tengah, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan kayu bakar dan dapur.

Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian (Survei 2012):

No Profesi Jumlah
1 TNI/Polri 7
2 PNS 44
3 Buruh Swasta 315
4 Wirausaha 229
5 Tani 625
6 Pertukangan 150
7 Pensiunan PNS 19

Potensi Desa[sunting | sunting sumber]

Bidang Pertanian dan Perkebunan[sunting | sunting sumber]

Pada bidang pertanian, komoditas yang paling potensial terdapat pada tanaman pangan pertanian. Selain itu, ada beberapa komoditas pertanian yang juga menjadi salah satu yang banyak ditanam oleh warga yakni singkong, dan pisang. Untuk permasalahan yang terdapat pada bidang pertanian, masyarakat Desa Karangtanjung dalam pola pertaniannya masih cenderung tradisional, sehingga nilai ekonomi dari hasil pertanian tersebut masih rendah.

Tabel hasil pertanian dan perkebunan Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah:

No Komoditas Hasil Pemasaran
1 Genjer 15 ton/tahun Lokal Kabupaten
2 Kacang Hijau 5,6 ton/tahun Lokal Kabupaten
3 Mentimun 0,5 ton/tahun Lokal Kabupaten
4 Padi 9,6 ton/Ha/masa panen Lokal Kabupaten
5 Pisang 5 ton/tahun Lokal Kabupaten
6 Jeruk 10 ton/tahun Lokal Kabupaten

Bidang Industri Makanan, Minuman dan Furniture[sunting | sunting sumber]

Tabel hasil Industri Makanan dan Minuman Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah:

No Jenis Produk Pemasaran
1 Kue Satu Kacang Ijo Lokal Nasional
2 Emping Lokal Kabupaten
3 Tempe Lokal Desa
4 Furniture Lokal Kabupaten

Bidang Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen, Jawa Tengah merupakan dataran rendah dengan perbukitan di sebelah utara atau di wilayah Pedukuhan Jelarang. Mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai Petani sehingga masih bisa dijumpai areal persawahan yang cukup luas. Ada beberapa potensi pariwisata di Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen yang bisa dikembangkan, antara lain:

1. Agrowisata

Dengan hamparan sawah yang luas dengan irigasi yang bening mengalir, ada potensi pariwisata pertanian (agrowisata) yang sangat potensial di Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen. Di musim tanam, para pemuda biasa mencari belut di malam hari untuk disantap. Sungai Bakung yang alami juga mengalir di membelah Desa Karangtanjungyang bermuara di Sungai Kedungbener.

2. Wisata Alam

Wilayah kaki perbukitan di sebelah utara Desa Karangtanjung sangat indah. Ada sungai buatan yang merupakan saluran dari Waduk Wadaslintang yang sangat jernih dan biasa dipergunakan oleh anak-anak untuk berenang. Disekitarnya bisa menjumpai banyak flora dan fauna, seperti anggrek liar, berbagai macam serangga, dan burung-burung liar seperti burung perkutut, burung gereja, dan burung puter. Desa Karangtanjung memang berada di kaki sebuah bukit bernama Bukit Bangkong dengan ketinggian 225 Mdpl. Bukit Bangkong sangat indah, dimana kita bisa menjumpai berbagai macam flora dan fauna, dan juga bisa menikmati landskap pemandangan kota Kebumen dari atas bukit (seperti bukti Bintang di DIY). Secara administratif, Bukit Bangkok berlokasi di perbatasan Desa Tanuharjo dengan Desa Karangkembang serta Desa Kalijaya. Namun jalur termudah mencapai Bukit Bangkong dilalui dari Desa Karangtanjung ke utara dengan berjalan kaki. Lama perjalanan untuk mencapai puncak Bangkong dengan berjalan kaki sekitar 2 jam.

3. Wisata Religi

Mushalla Sabilal Muhtadin adalah salah satu tempat ibadah tertua yang ada di Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen. Didirikan pada masa penjajahan Hindia Belanda. Berlokasi di Dukuh Krajan, RT. 05 / RW. I, Desa Karangtanjung, Alian, Kebumen, Jawa Tengah
Penduduk Desa Karangtanjung 100 % beragama Islam, dan menjadikan desa Karangtanjung sebagai desa santri. Ada dua pondok pesantren terbesar di desa Karangtanjung, yaitu Pondok Pesantren Roudlatul Ulum dan Pondok Pesantren Husnul Hidayah. Di setiap RT ada mushalla untuk beribadah, dan di setiap memasuki waktu shalat ada atmosfer beragama yang sangat kental, yang membawa kita kepada nostalgia masa kecil.