Karangreja, Cipari, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karangreja
Desa
Karangreja Cipari Cilacap
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Cilacap
Kecamatan Cipari
Pemerintahan
 • Kepala desa Wasono
Kodepos 53262
Luas .. jiwa
Jumlah penduduk .. jiwa/km²
Kepadatan .. km²

Karangreja adalah sebuah nama desa yang berada Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berada di sebelah utara Kecamatan Cipari yang berjarak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kecamatan dan kurang lebih 64 kilometer dari ibu kota Kabupaten Cilacap.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Kutasari
Selatan Desa Segaralangu
Barat Desa Pegadingan
Timur Kecamatan Sidareja

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Gunung Wilis, yang meliputi: Grumbul Gunung Wilis, Grumbul Pager Gunung, Grumbul Cidukuh, dan Grumbul Cigrowek
  2. Dusun Tambaksari, yang meliputi: Grumbul Tambaksari dan Grumbul Awiluar
  3. Dusun Cikantot, yang meliputi: Grumbul Cikantot, Grumbul Dukuh Tengah, dan Grumbul Karangjengkol
  4. Dusun Kalimanggis, yang meliputi: Grumbul Kalimanggis dan Grumbul Nagarayu

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Karangreja secara umum wilayahnya adalah daerah perbukitan dan pedesaan yang masih sangat asri. Dari atas perbukitan sejauh mata memandang terlihat hamparan hijau pepohonan ataupun tanaman-tanaman para petani warga masyarakat desa Karangreja. Akses ke lokasi desa ini dari arah Timur melewati sebuah hutan pinus sepanjang kurang lebih 2 KM serta melewati perkebunan milik petani setempat dengan medan jalan turun naik, dari arah Selatan akses jalan melewati hutan pinus serta perkebunan warga masyarakat sekitar juga medan jalan naik turun, dari arah Barat melewati sebuah perkebunan karet dan desa perbatasan dengan medan jalan naik turun, dan dari arah Utara melewati jalan yang menanjak atau sebuah pegunungan tinggi yang warga masyarakat sekitar menyebutnya tanjakan mata air.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk di desa Karangreja memeluk agama Islam, sedangkan untuk pekerjaan penduduk setempat sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan sebagian lagi buruh, pedagang dan perantau. Hasil pertanian desa ini sebagian besar berupa Singkong, Kacang Tanah dan Padi. Bahasa penduduk setempat yaitu bahasa Jawa.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Untuk menunjang pendidikan di desa Karangreja terdapat tingkatan sekolah dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Satu Atap Cipari (SMPN 3 SAC).