Kapal serbu cepat kelas CB90

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Combat Boat 90
Tentang kelas
Pembangun:Dockstavarvet, Gotlandsvarvet
Operator:Lihat di bawah
Didahului oleh:Tpbs 200
Biaya:CB90 HSM: 22.22 Juta Krona (2017)[1]
Bertugas:1991
Selesai:250–300
Ciri-ciri umum
Berat benaman 13.000 kg (28.660 pon) kosong, 15.300 kg (33.730 pon) standar, 20.500 kg (45.190 pon) penuh
Panjang
  • 15,9 m (52 ft) keseluruhan
  • 14,9 m (48 kaki) di garis air
Lebar 3,8 m (12 ft 6 in)
Daya muat 0,8 m (2 ft 7 in)
Pendorong 2 × mesin diesel 625 bhp Scania DSI14 V8; 2 × water jet Kamewa FF
Kecepatan 40 knot (74 km/h)
Jangkauan 240 nmi (440 km) pada 20 knot (37 km/h)
Awak kapal
  • 3 (dua perwira dan satu insinyur)
  • Hingga 21 pasukan amfibi dengan peralatan lengkap
Senjata
  • 3 × senapan mesin M2 Browning
  • 1 × peluncur granat Mk 19
  • 4 ranjau laut atau 6 bom kedalaman
  • CB90 HSM: 1 × Saab Trackfire RWS
  • Stridsbåt 90 H(alv) (Strb 90 H; CB90) adalah kelas kapal serbu militer cepat yang digunakan oleh beberapa negara setelah awalnya dikembangkan untuk Angkatan Laut Swedia oleh Dockstavarvet. Namanya berarti Kapal Tempur 90 Setengah; 90 mengacu pada tahun penerimaan (1990) dan Setengah mengacu pada fakta bahwa ia dapat membawa dan mengerahkan setengah peleton infanteri amfibi (18 pria)[2] lengkap. CB90 adalah kapal yang sangat cepat dan gesit yang dapat melakukan putaran yang sangat tajam dengan kecepatan tinggi, mengurangi kecepatan dari kecepatan tertinggi hingga berhenti penuh dalam 2,5 panjang kapal, dan menyesuaikan sudut pitch dan roll saat berjalan. Bobotnya yang ringan, aliran udara yang dangkal, dan jet air kembar memungkinkannya beroperasi dengan kecepatan hingga 40 knot (74 km/jam) di perairan pantai yang dangkal. Jet air sebagian disalurkan, yang, bersama dengan permukaan kontrol bawah air yang mirip dengan pesawat selam kapal selam, memberikan CB90 kemampuan manuvernya.

    Selain banyak varian dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Swedia di bawah penunjukan "Stridsbåt 90H", CB 90 telah diadopsi oleh angkatan laut Norwegia (sebagai S90N), Yunani, Meksiko (sebagai CB 90 HMN), Amerika Serikat Serikat (sebagai Kapal Komando Riverine) dan Malaysia. Selain itu, Angkatan Laut Jerman berencana untuk melengkapi kapal pengisian kelas Berlin dengan CB90.[butuh rujukan]

    Sejarah pengembangan[sunting | sunting sumber]

    Pada tahun 1988, Dockstavarvet memenangkan kompetisi untuk merancang dan memproduksi pengganti kelas Tpbs 200 yang sudah tua. Dua prototipe, dengan nomor panji 801 dan 802, dikirim pada tahun 1989. Setelah menyelesaikan uji coba lapangan, Angkatan Laut Swedia menandatangani pesanan pembelian untuk 120 kapal pada bulan Juni 1990.

    Pada tahun 2002, Angkatan Laut Swedia memesan tambahan 27 kapal dari jenis yang sedikit berbeda, yang disebut Stridsbåt 90 HS - di mana S mengacu pada Skydd (dilindungi)[2] karena Strb 90 HS berlapis baja dan dilengkapi perlindungan CBRN (seluruh kapal dapat diberi tekanan berlebih) - dimaksudkan untuk digunakan dalam operasi pemeliharaan perdamaian internasional. Selain penambahan armor, mobil ini dilengkapi AC untuk dipasang di kondisi tropis, sistem pendingin bahan bakar, generator 220 V, dan mesin yang lebih bertenaga. Pabrikan terkadang menyebut model sebagai CB 90 HI, di mana I mungkin singkatan dari International.

    Beberapa tugas yang dilakukan oleh varian Strb 90 H, awalnya ditujukan untuk Strb 90 E, yang sekarang hampir sepenuhnya dihapus.

    Angkatan Laut Kerajaan Norwegia mengevaluasi Strb 90 H pada awal 1996, dan kemudian membeli total 20 kapal, ditunjuk 90 N (untuk Norsk utgave, secara harfiah versi Norwegia).

    Angkatan Laut Meksiko memperoleh 40 unit (ditunjuk CB 90 HMN) antara 1999 dan 2001, dan memperoleh lisensi produksi pada tahun 2002, memungkinkan unit lebih lanjut untuk diproduksi di Meksiko. Sejak itu delapan unit tambahan telah dibangun.

    Polisi Air Jerman menyewa Kapal Tempur 90H dari pabrikan Dockstavarvet untuk KTT G8 ke-33 di Heiligendamm, Jerman. Kapal ini terlibat dalam pengejaran berkecepatan tinggi dengan tiga RIB Greenpeace yang mencoba memasuki area terlarang di dekat hotel tempat pertemuan diadakan. Klip video kejadian itu kemudian tersebar luas di internet.[3][4]

    Pada Juli 2007 Komando Tempur Ekspedisi Angkatan Laut Amerika Serikat (NECC) menetapkan CB90 untuk pengujian sebagai Kapal Komando Riverine-nya. Safeboat International dari Port Orchard, Washington, diberi kontrak senilai US$2,8 juta untuk memproduksi satu prototipe. CB90 kemudian diadopsi, dan dua terlibat dalam insiden dengan Iran pada 2016.

    Pada bulan Juni 2009 seorang pembeli tak dikenal dari Abu Dhabi membeli dua versi mewah sipil.[5]

    Pada tahun 2010, Galangan Kapal Dockstavarvet memodifikasi dua CB90 untuk dibawa dalam davits Docks Landing Platform Angkatan Laut Belanda dan Inggris. Selama uji coba enam bulan ini, dua kapal dan satu skuadron kapal penuh Swedia diberangkatkan ke LPD Angkatan Laut Kerajaan Belanda sebagai elemen terintegrasi penuh dari pasukan amfibi di atas kapal dan berhasil dikerahkan.

    Di Gothenburg, Swedia

    Pada tahun 2013 Galangan Kapal JSC Pella dekat St Petersburg meluncurkan yang pertama buatan Rusia Project 03160 "Raptor",[6] tetapi meskipun kapal-kapal tersebut sangat mirip, tidak ada indikasi bahwa Dockstavarvet telah terlibat atau melisensikan desain tersebut kepada Pella.

    Versi[sunting | sunting sumber]

    Dua senapan mesin berat .50 cal terlihat di sini di depan posisi juru mudi
    S90N Angkatan Laut Kerajaan Norwegia

    Beberapa Strb 90 H telah diubah oleh Angkatan Laut Swedia untuk mengisi berbagai peran:

    • Strb 90 L dilengkapi untuk komando dan kontrol tingkat batalion, dengan komputer dan peralatan komunikasi dan generator tambahan untuk menyediakan tenaga listrik ketika mesin tidak bekerja. L adalah singkatan dari ledning (perintah atau kepemimpinan).
    • Strb 90 KompL adalah Strb 90 H biasa di mana komputer portabel dan peralatan komunikasi telah dipasang, memungkinkannya untuk sementara memberikan komando dan kontrol tingkat perusahaan. Tenaga listrik disediakan oleh generator portabel yang agak keras yang dipasang di dek.
    • Strb 90 HS dirancang untuk operasi penjaga perdamaian dan penyelamatan di luar negeri. Itu dimodifikasi untuk menjaga krunya tetap nyaman dalam kondisi Mediterania, dengan AC, generator tambahan, kepala, dan stasiun kru yang lebih nyaman. Lebih penting lagi, itu lapis baja, dan mesinnya telah ditingkatkan untuk mengimbangi bobot tambahan.
    • Setidaknya satu Strb 90 H, umbul nomor 802, dilengkapi dengan ruang dekompresi.
    • Polisi Swedia mengoperasikan satu Strb 90 H tanpa senjata yang dilengkapi dengan ranjang, pantry, dan ruang kru.
    • Masyarakat Penyelamat Laut Swedia mengoperasikan dua Strb 90 H yang tidak bersenjata yang dikonversi untuk pencarian dan penyelamatan.
    • Penjaga Pantai Yunani beroperasi juga sejak tahun 1998 tiga CB90 di bawah CB90HCG yang merupakan versi yang sedikit berbeda dari Versi Angkatan Laut Norwegia

    Versi Norwegia[sunting | sunting sumber]

    Angkatan Laut Kerajaan Norwegia mengoperasikan 20 CB90 di bawah penunjukan SB90N; huruf N adalah singkatan dari Norsk utgave (versi Norwegia). S90N berbeda dari Strb 90 H di beberapa area:

    • Hal ini dipersenjatai dengan dua senapan mesin berat M2 Browning (port dan kanan), dan stasiun senjata remote control Sea PROTECTOR.[7]
    • Kerekan jangkar digerakkan dengan mesin, dan jangkar dipasang di buritan, memungkinkan S90N yang diarde untuk menarik dirinya sendiri mengapung daripada berisiko merusak impelernya.
    • Ini membawa generator tambahan yang menyediakan tenaga listrik untuk navigasi dan sistem komunikasi bahkan ketika mesin tidak berjalan.
    • Kompartemen pasukan memiliki ketinggian dek yang lebih tinggi, memungkinkan kebanyakan orang untuk berdiri tanpa berjongkok.
    • Ini memiliki dua kompartemen kedap air di haluan, memiliki ruang ekstra untuk toilet dan toko.
    • Ini memiliki peralatan navigasi yang jauh lebih canggih berdasarkan teknologi GPS yang disampaikan oleh Kongsberg Seatex AS.[8]

    Setidaknya satu S90N telah dikonfigurasi ulang menjadi ambulans terapung.[9]

    Pada tahun 2004, Angkatan Laut Kerajaan Norwegia melakukan tes (termasuk latihan menembak langsung) untuk mengevaluasi efektivitas SB90N sebagai platform tujuan dan peluncuran untuk rudal Hellfire. Satu SB90N dilengkapi dengan peluncur Hellfire yang distabilkan berdasarkan Protector (RWS), dan senapan mesinnya diganti dengan paket sensor yang dipasang di gimbal yang berisi kamera cahaya tampak dan inframerah serta penanda laser. Meskipun tes berhasil, saat ini tidak ada indikasi bahwa Angkatan Laut Kerajaan Norwegia akan benar-benar mengerahkan SB90N yang dipersenjatai dengan rudal Hellfire dalam layanan reguler. Hellfire masih dapat dibawa di atas kapal tanpa meluncurkan platform dan ditembakkan dari pantai dengan Sistem Peluncuran Darat Portabel.

    CB90 digunakan oleh Coastal Ranger Commando.

    Insiden dan kecelakaan yang melibatkan CB90[sunting | sunting sumber]

    Pada pertengahan 1999, satu CB90 (No. 820) milik Resimen Artileri Pesisir Karlskrona Swedia (KA2) menabrak dermaga beton dengan kecepatan sekitar 30 knot (56 km/jam). Ada delapan tentara di kapal; tujuh dari mereka menderita luka yang kurang lebih parah, termasuk patah tulang, sementara satu tentara yang berdiri di ring-mount senapan mesin di dek tengah tetap tidak terluka secara fisik..

    Pada tanggal 13 Juni 2004, beberapa Strb 90 H dari Swedish First Marine Regiment (AMF1) sedang berlayar dengan kecepatan tinggi dalam formasi konvoi ketika salah satu dari mereka tiba-tiba mengurangi kecepatan (diduga agar tidak mengganggu perahu layar yang lebih kecil). Perahu tepat di belakangnya gagal bereaksi dan menabraknya. Dua tentara yang berada di atas dek pada saat kecelakaan dipukul dan dilemparkan ke dalam air; keduanya terbunuh hampir seketika.

    Pada malam 23 Oktober 2006, sebuah CB90 tenggelam di Hamnudden, timur Utö di kepulauan Stockholm. Kapal melaju dengan kecepatan 11 knot (20 km/jam) karena cuaca buruk ketika tiba-tiba mulai mengambil air dari haluan. Kemudian tenggelam dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Semua awak yang berjumlah 16 orang dengan cepat dijemput oleh kapal lain yang berada di dekatnya. Tidak ada yang terluka secara fisik, tetapi kru menderita syok dan hipotermia saat dijemput.

    Pada tanggal 5 Oktober 2014, sebuah CB90 Angkatan Laut Kerajaan Malaysia dengan nomor registrasi CB204 dilaporkan hilang di laut akibat badai dan air pasang. Ada tujuh awak di atas kapal. Kapal terakhir terdeteksi pada pukul 13.05 sekitar 57 mil laut dari Pulau Labuan. Kapal itu ditemukan pada 6 Oktober di dekat Stasiun Lima, setelah panggilan daruratnya terdengar oleh KD Paus, kapal perang kelas Jerung, tanpa cedera pada 7 awaknya. Hal itu dilaporkan disebabkan oleh masalah mesin dan kemudi.

    Pada 12 Januari 2016, dua kapal komando sungai Angkatan Laut AS "ditahan" oleh Angkatan Laut Pengawal Revolusi Iran di dekat pulau Farsi di Teluk Persia. Sebuah outlet berita yang dikelola pemerintah Iran melaporkan bahwa 10 pelaut AS telah "ditangkap" meskipun pejabat Iran dan AS mengatakan bahwa tidak ada pelaut yang terluka dan mereka akan segera dibebaskan. Para pejabat telah menyatakan bahwa salah satu kapal mogok sangat dekat dengan perairan teritorial Iran dan setelah hanyut dalam waktu singkat keduanya dijemput oleh pasukan Iran.[10] Menurut surat kabar Stars and Stripes, para kru dibebaskan beberapa saat kemudian.[11]

    Pengguna[sunting | sunting sumber]

    Skuadron Sungai Angkatan Laut AS unit kecil kapal sungai (kiri) dan Kapal Komando Riverine (kanan), 2011
     Yunani
    Penjaga Pantai Yunani: 3
     Malaysia
    Angkatan Laut Malaysia: 5 unit CB90, 12 unit CB90HEX
     Meksiko
    Angkatan Laut Meksiko: 48
     Norwegia
    Angkatan Laut Kerajaan Norwegia: 20
     Swedia
    Angkatan Laut Kerajaan Swedia: 147 bertugas, 18 dalam pesanan[1]

    Pengembangan terkait[sunting | sunting sumber]

    Kapal sejenis[sunting | sunting sumber]

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    Pranala luar[sunting | sunting sumber]