Kapal saudari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapal bersaudari RMS Olympic dan RMS Titanic di Belfast, 1912
A black and white photograph of four large ships sailing on calm seas from the right to the left.
Empat kapal tempur kelas-Iowa dari Virginia Capes pada tahun 1954; dari depan ke belakang adalah USS Iowa, USS Wisconsin, Missouri dan New Jersey

Kapal saudari adalah kapal dari kelas yang sama atau hampir identik dengan desain suatu kapal tertentu. Kapal bersaudari biasanya memiliki kesamaan tata letak lambung dan suprastruktur, ukuran yang mirip, dan memiliki fitur serta peralatan yang sama. Kapal bersaudari sering kali memiliki tema penamaan (contohnya nama kota, rasi bintang, monarki) atau dengan beberapa jenis aliterasi lainnya. Seringkali kapal bersaudari tidak sepenuhnya mirip (terutama bagian persenjataan) karena pengubahan rancangan kapal seiring waktu berjalan.

Misalnya, kapal perang Amerika Serikat USS Iowa, USS New Jersey, USS Missouri, dan USS Wisconsin semuanya adalah saudari, masing-masing merupakan kapal tempur kelas-Iowa.

Kapal sipil yang terkenal adalah RMS Olympic, RMS Titanic dan HMHS Britannic milik White Star Line. Seperti dengan kapal lain, para suster mereka bekerja dan berjalan beriringan.[1]

Kapal setengah saudari mengacu pada sebuah kapal dari kelas yang sama tetapi memiliki satu atau dua perbedaan yang signifikan.

Contoh dari kapal setengah saudari:

Umumnya, perbedaan yang dapat diterima dari kapal saudari adalah sebagai berikut:

  • Jenis: Identik tipe utama (bulk, tangki, RoRo, dan lainnya.)
  • Tonase bobot mati: Tonase bobot mati harus berkisar ± 10% dengan kapal pemimpin kelasnya (Jika kapal pemimpinnya memiliki 100.000, maka saudarinya memiliki tonase bobot mati berkisar 90.000 sampai 110.000)
  • Pembangun: Nama perusahaan pembangun kapal yang sama (bukan lokasi galangan kapal ataupun negara pembangun)

Organisasi Maritim Internasional menetapkan ciri kapal saudari dalam resolusi IMO MSC/Circ.1158 pada tahun 2006. Kriterianya adalah sebagai berikut:

  • Sebuah kapal saudari adalah kapal yang dibangun oleh galangan kapal yang sama dari kertas rencana yang sama.
  • Deviasi berat benaman kapal adik yang dapat diterima harus antara 1 dan 2% dari berat benaman kapal pemimpin, tergantung pada panjang kapal.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Olimpiade Class Diarsipkan 2014-09-13 di Wayback Machine. Ensiklopedia Titanica
  2. ^ "DEVELOPMENT OF EXPLANATORY NOTES FOR HARMONIZED SOLAS CHAPTER II-1" (PDF). SUB-COMMITTEE ON STABILITY AND LOAD LINES AND ON FISHING VESSELS SAFETY. International Maritime Organization. 2 June 2006. hlm. 3. Diakses tanggal 21 May 2015.