Kapal pemimpin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal pemimpin adalah kapal urutan pertama dari suatu kelas kapal (kapal yang dibangun dengan desain umum yang sama). Istilah ini berlaku untuk kapal-kapal militer dan kapal sipil yang berukuran besar.[1][2][3][4]

Kapal-kapal besar sangatlah rumit secara internal dan dapat memakan waktu lima sampai sepuluh tahun untuk dibangun. Setiap perubahan yang terjadi ketika membangun sebuah kapal biasanya akan diturunkan ke kapal berikutnya, dan terjadi terus-menerus, sehingga sangat jarang ada dua kapal yang identik.

Membangun kapal pemimpin memungkinkan untuk menemukan cara yang lebih baik dalam melakukan pembangunan kapal selanjutnya di kelas yang sama dan bahkan dapat mengungkap suatu kesalahan dalam pembangunan kapal.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Kelas kapal biasanya disebutkan menggunakan nama kapal pertama, seperti kapal tempur kelas-Pennsylvania, yang mengindikasikan kapal USS Pennsylvania[4] sebagai kapal pemimpin atau mendefinisikan tema yang digunakan untuk memberi nama kapal di kelas tersebut, seperti pada fregat kelas Tribal milik Angkatan Laut Britania Raya, dinamai berdasarkan suku di dunia, seperti HMS Mohawk.

Jika suatu kelas kapal diproduksi untuk angkatan laut lain, unit aktif pertama akan menjadi kapal utama angkatan laut tersebut; misalnya, fregat kelas Oliver Hazard Perry yang sebelumnya milik Amerika Serikat kini dikenal sebagai kelas Adelaide dalam dinas Angkatan Laut Australia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]