Kantung empedu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kantung empedu (berwarna hijau) dalam sistem pencernaan manusia.

Kantung empedu atau kandung empedu (Bahasa Inggris: gallbladder) adalah organ berbentuk buah pir dimana empedu disimpan dan dikonsentrasi sebelum disekresi ke dalam usus dua belas jari untuk digunakan dalam proses pencernaan. Pada manusia, kantung empedu bisa ditemukan di bawah hati, walaupun struktur dan posisinya dapat berbeda di setiap spesies binatang. Kantung empedu menerima dan menyimpan empedu, yang dibuat oleh hati, melalui duktus hepatikus, dan mengeluarkan melalui duktus koledukus ke usus dua belas jari, dimana empedu membantu proses pencernaan lemak.

Kantung empedu dapat dipengaruhi oleh batu empedu, terbentuk oleh bahan yang tidak dapat dilarutkan - biasanya kolesterol atau bilirubin, produk dari pemecahan hemoglobin. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang berat, terutama di sudut kanan atas perut, dan biasanya diobati dengan operasi pengangkatan kantong empedu yang disebut kolesistektomi (kolesist artinya kantong empedu). Kolesistitis, peradangan kandung empedu, bisa disebabkan oleh infeksi, penyumbatan saluran empedu karena batu empedu, penyakit autoimun dan sepsis.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Struktur kantung empedu

Kantung empedu adalah organ kosong yang terletak di dalam depresi dangkal di sebelah permukaan lobus kanan di bawah hati, yang berwarna biru kelabu.[1] Pada orang dewasa, panjang kantung empedu sekitar 7 sampai 10 sentimeter dan berdiameter 4 sentimeter ketika saat penuh.[2] Kantung empedu memiliki kapasitas sekitar 50 mililiter.

Kantung empedu berbentuk seperti buah pir, dengan ujungnya terbuka ke duktus sistikus.[3] Kantung empedu dibagi menjadi tiga bagian: fundus, tubuh, dan leher. Fundus (fundus vesika felea) adalah bagian akhir pangkal bulat, yang menghadap menghadap dinding perut. Tubuh kantung empedu (korpus vesika felea) terletak pada depresi di permukaan bagian bawah hati. Leher kantung empedu bersambung dari tubuhnya yang mengecil dan berlanjut dengan duktus sistikus, bagian dari pohon bilier.[1] Fosa kandung empedu, bagian depresi di mana fundus dan tubuh kandung empedu terletak, terletak di bawah persimpangan segmen hepar IVB dan V.[4] Duktus sistikus yang sepanjang 3 cm berjalan dari leher kantung empedu dan bersambung dengan duktus hepatikus dan membentuk duktus koledokus. Di persimpangan leher kantong empedu dan duktus sistikus, ada kantong yang keluar dari dinding kantong empedu membentuk lipatan mukosa yang dikenal sebagai kantong Hartmann.[1]

Drainase aliran limfatik pada kantong empedu mengikuti nodus sistikus yang terletak di antara duktus sistikus dan duktus hepatikus. Limfatik dari bagian bawah mengalir ke kelenjar getah bening hati di bagian bawah. Semua getah bening akhirnya mengalir ke kelenjar getah bening di seliak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Gray's Anatomy 2008, hlm. 1187-81.
  2. ^ Jon W. Meilstrup (1994). Imaging Atlas of the Normal Gallbladder and Its Variants. Boca Raton: CRC Press. hlm. 4. ISBN 978-0-8493-4788-7. 
  3. ^ Nagral, Sanjay (2005). "Anatomy relevant to cholecystectomy". Journal of Minimal Access Surgery. 1 (2): 53–8. doi:10.4103/0972-9941.16527. PMC 3004105alt=Dapat diakses gratis. PMID 21206646. 
  4. ^ Shakelford's Surgery of Alimentary Tract, ed.7. 2013