Kalpawreksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kalpawreksa atau Kalpataru, pohon hayat yang dijaga Kinnara-Kinnari, Apsara dan Dewata. Relief pada Candi Pawon (abad ke-8), Jawa, Indonesia.

Kalpawreksa ( (Dewanagari: कल्पवृक्ष,IASTKalpavṛkṣa, कल्पवृक्ष), Kalpavriksha) atau Kalpataru, Kalpadruma, Kalpapāda adalah pohon yang mengabulkan permintaan dalam mitologi Hindu. Tulisan mengenai pohon ini ditemukan dalam literatur Sanskerta dari sejak awal — lihat Regweda (1.75; 17.26). Tidak ada dokumen Sanskerta yang menghubungkannya dengan spesies pohon tertentu, dan secara kiasan melambangkan sumber yang berlimpah. Karena itu pohon kelapa di India dikenal dengan sinonim "kalpataru" karena menyediakan banyak kebutuhan manusia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Berasal dari bahasa Sanskreta dan masuk ke dalam bahasa Indonesia melalu bahasa Jawa Kuna, dari akar kata "kalpa" atau "klp" yang berarti "ingin", dan "taru", "wreksa" yang berarti "pohon".[1]

Penghargaan Kalpataru Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, ada penghargaan yang dinamakan Penghargaan Kalpataru, dimana diberikan kepada pihak yang berwenang jika pihak tersebut melaksanakan penanaman-penanaman tumbuhan atau pohon dengan tugas yang mulia, seperti penanaman seribu pohon, dll.

Rujukan[sunting | sunting sumber]