Kalimeneng, Kemiri, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kalimeneng
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPurworejo
KecamatanKemiri
Kodepos54262
Luas±4 km²
Jumlah penduduk624 jiwa (Th.2008)
Kepadatan156 jiwa/km²

Kalimeneng adalah desa di kecamatan Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekitar 1 km dari kota Kecamatan Kemiri atau sekitar 7 km di sebelah utara Kutoarjo, dan sekitar 16 km barat ibu kota Kabupaten Purworejo.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Kaliurip
Timur Desa Sidodadi dan Desa Kaliurip
Selatan Desa Kemiri Lor dan Desa Bedono Kluwung
Barat Desa Rejowinangun

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Kalimeneng Kulon
  2. Dusun Kalimeneng Wetan

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Kalimeneng berada di timur laut kecamatan Kemiri. Dari segi kontur tanah, sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah, hanya sedikit di bagian utara merupakan wilayah kaki perbukitan. Dari penggunaannya, di sisi timur dan barat digunakan untuk persawahan, sedangkan di bagian tengah untuk permukiman penduduk dan kebun. Desa ini dibelah oleh sungai Kali Lamat yang sekaligus menjadi batas wilayah dua dusun/dua rukun warga. Irigasi cukup baik,b erkat adanya bendung pada sungai ini.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk sekitar 650 orang, dengan mayoritas mata pencaharian bertani, kecuali ada sebagian yang berdagang dan menjadi pegawai/karyawan. Tingkat pendidikan rata-rata sudah di atas SD, bahkah cukup banyak yang sudah menyesaikan sarjana dan pascasarjana. Sebagai perbandingan bahwa rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia usia 15 tahun ke atas sesuai data BPS tahun 2012 adalah 8,1 tahun. Sebagian besar penduduk mengamalkan agama Islam dengan tekun. Hal itu ditunjang sarana ibadah yang cukup yaitu di dua dusun masing-masing memiliki masjid jami' dan terdapat lebih dari satu musholla yang dekaligus sebagai tempat anak-anak berlajar agama.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sarana pendidikan juga dapat dikatakan sudah cukup memadai, di Desa Kalimeneng terdapat TK yang memanfaatkan sarana desa, SD yang kondisi bangunannya cukup layak namun lahan terbuka dirasa kurang. Sekolah lanjutan terdekat yaitu SMP negeri berjarak sekitar 2 km jika ditempuh dari batas desa, SMP swasta sekitar 1 km, dan SMA negeri berjarak sekitar 1,5 km.

Kehidupan Sosial dan Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Kehidupan sehari-hari warga Desa Kalimeneng dirasakan cukup tenteram dan damai. Lahan pertanian cukup subur, irigasi pertanian baik, sarana penerangan listrik PLN, dan sarana komunikasi berupa telepon kabel/nirkabel dengan sinyal cukup. Angkutan umum reguler belum tersedia, alat transportasi yang dominan adalah sepeda motor dan sepeda Hampir dapat dipastikan bahwa setiap keluarga memiliki sepeda motor, selain itu sebagian keluarga memiliki kendaraan roda empat. Di di Desa Kalimeneng juga desa-desa sekitar terdapat potensi perekonomian masyarakat yang cukup baik yaitu berupa usaha pembibitan berbagai tanaman keras untuk penghijauan, tanaman bibit buah, bibit cengkeh, dan sebagainya. Sebagian penduduk bahkan dapat dikatakan 'ahli' dalam urusan pembibitan. Berbagai bibit pohon buah dan pohon kayu untuk penghijauan tersedia di sana, seperti Jati, Jabon, Sengon/Albasia, dan lain-lain. Potensi perekonomian ini perlu dikembangkan agar mampu lebih mengangkat kesejahteraan penduduk setempat.

Tempat Penting[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa nama tempat/sebutan yang penting di Desa Kalimeneng dan sekitarnya yang kemungkinan pada masa yang akan datang atau bahkan saat ini sudah tidak lagi dikenal khususnya oleh kalangan muda. Di belahan utara misalnya, Kedungkeris (Kaliurip), Mbayut, Kleco, Kuburan Mbak Kolo Jonggo, Ndukuh, dan Nggalur. Di selatan dan barat misalnya Mbabrik, Kedung Kendal, Spei, Tegal Bawang, Tapeng, Paduroso, Kaliguji, Klugon, Lis Senthir/Plered Senthir, Tegal Duwur, dan sebagainya.